Lomba Takbir Keliling, Jalin Ukhuwah Islamiyah

Klaten – Dalam rangka memeriahkan malam hari raya Idul Adha 1439 Hijriyah, PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) Kabupaten Klaten dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten mengagendakan kegiatan takbir bersama yang dikemas menjadi lomba takbir keliling dipusatkan di halaman parkir masjid Raya Klaten dengan berjalan kaki disepanjang kota Klaten, Selasa (21/8).

Ketua panitia PHBI Masmin Afif, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten mengatakan, lomba takbir keliling ini sudah menjadi agenda tahunan PHBI Kabupaten Klaten bersama Kemenag Klaten dan menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

“Kegiatan ini menjalin ukhuwah Islamiyah umat Islam khususnya di Klaten, dan sangat menarik minat masyarakat dalam merayakan malam Idul Adha dengan takbir berjalan kaki,” tandas Masmin.

Lomba takbir keliling ini bisa menjadi media kreatifitas remaja masjid dan masyarakat di Kabupaten Klaten, untuk bisa menyalurkan bakat seni dalam lomba takbir keliling.

“Semoga kegiatan lomba takbir keliling ini tetap menjadi kegiatan rutin tahunan yang memberikan wadah baru bagi remaja masjid/pemuda-pemudi dalam syiar Islam, ” imbuhnya.

Selanjutnya koordinator pelaksana Ahmad Subandriyo mengatakan, tahun ini lomba diikuti oleh 28 regu, yang berasal dari 26 kecamatan perwakilan se Kabupaten Klaten, dengan rute keliling sekitar masjid Raya Klaten melewati ruas jalan Pemuda.

Pada lomba takbir keliling yang menjadi unsur penilaian adalah suara, kekompakan dan kerapian baik dari segi busana maupun barisan dalam grup.

“Agenda tahunan tersebut rupanya menarik minat masyarakat, karena para peserta cukup kreatif membuat berbagai aneka dekorasi yang disulap menjadi bentuk masjid dan ada pula yang berbentuk Ka'bah dilengkapi dengan alat musik seperti rabbana, beduk serta diiringi musik tradisional juga drum band,” ujar Ahmad.

“Para peserta tahun ini sangat bervariasi unik menarik dan meriah. Ada yang menampilkan drumband, miniatur masjid, Ka’bah, sapi, dan yang paling unik adalah hiasan salah satu regu peserta dengan aksesoris lampu-lampu warna warni, bagus dan meriah banget pokoknya,” kata Joko salah satu penonton.(aj/Wul)