Lomba Takbir Pererat Jalinan Silaturrahim

Klaten – Sehabis shalat Isya, masyarakat Klaten berbondong-bondong memadati komplek Masjid Agung Al Aqsha Klaten untuk menyaksikan lomba takbir keliling. Lomba ini merupakan rutinitas tahunnya, guna menyambut hari raya Idul Adha 1437H . Lomba takbir keliling ini diselenggarakan oleh PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) Kabupaten Klaten bersinergi dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten dipusatkan di halaman parkir masjid dengan pengawalan ketat dari Polres Klaten Agung Al Aqsha, Minggu (11/09).

Ketua panitia lomba Wahib mengatakan, lomba takbir keliling ini sudah menjadi agenda tahunan PHBI Kabupaten Klaten bersama Kemenag Klaten dan menjadi ajang yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

“Lomba ini menjadi syiar dalam mensyiarkan agama Islam, menjalin ukhuwah islamiyah umat Islam khususnya di Klaten,” ungkap Wahib yang saat ini menjabat sebagai plt. Kasi Bimas Islam Kemenag Klaten.

Tahun ini lomba diikuti oleh 28 regu, yang berasal dari 26 kecamatan perwakilan se Kabupaten Klaten, dengan rute keliling sekitar masjid, seluruh peserta harus mematuhi aturan yang ada, tunjukkan kekompakan dan kreativitas dengan  menelusuri jalur yang telah ditentukan panitia.

 “Para peserta tahun ini sangat bervariasi unik dan menarik. Ada yang menampilkan drumband, miniatur masjid, Ka’bah, onta, dan yang paling unik adalah hiasan salah satu regu peserta dengan aksesoris lampu-lampu lampion bertuliskan ALLAH, bagus dan meriah banget pokoknya.” ujar salah satu penonton, Pras.

Hal senada jg disampaikan Sekretaris Daerah Klaten Jaka Sawaldi pada kegiatan tersebut, “Hari Raya Qurban dapat diambil hikmahnya sebagai proses keimanan dan untuk peningkatan ketaqwaan. Kegiatan lomba ini memberikan hal yang sangat positif, mempererat jalinan silaturahmi diantara peserta lomba dan mempertebal rasa keimanan mengagungkan Asma Allah”.

Lomba ini bisa menjadi ajang unjuk kreatifitas remaja masjid dan masyarakat di Kabupaten Klaten, untuk bisa menyalurkan bakat seni dalam lomba takbir keliling.

“Semoga kegiatan lomba takbir keliling ini tetap menjadi kegiatan rutin tahunan yang memberikan suasana baru bagi remaja/pemuda-pemudi khususnya warga Klaten,” imbuhnya.

Hasil lomba takbir keliling Idul Adha 1437 H, Juara I At Taqwa utusan dari Tempel Drono Ngawen, Juara II Risma Al Hikmah dari Pandes Wedi, Juara III Risba dari Babat Kradenan Trucuk, Juara Harapan I At Taqwa dari Tonggalan Klaten Tengah, Juara Harapan II Al Ikhlas dari Mutihan Gantiwarno dan Juara Harapan III Risma Sentono dari Ngawonggo Ceper.(AgusJun/gt)