Luapkanlah dengan Terpuji, Jangan Lupa Bersyukur

Kebumen – MAN Gombong menggelar acara  Wisuda Purnawiyata kelas XII di Aula Hotel Grafika Gombong, selasa (2/5). Kegiatan ini diikuti oleh 171 orang siswa dari program MIPA dan IPS.  Hadir seluruh siswa kelas X  dan XI, orang tua siswa, serta perwakilan dari MTs dan SMP yang ada di wilayah Gombong.  Sederetan Acara  wisuda   diisi oleh penampilan kreasi siswa dalam bentuk  seni drama,seni  tari ,  seni musik, dan pemberian penghargaan terhadap siswa berprestasi kelas XII.

Dalam acara tersebut juga ditampilkan fashion show 10 model siswa dan desainer terbaik.  Siswa yang tampil dalam acara tersebut merupakan siswa yang memiliki skill dan disiplin ilmu mumpuni sehingga diharapkan setelah lulus mereka bisa terjun di masyarakat atau dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi  untuk meraih mimpi dan cita-cita.

Kepala MAN Gombong H Sunaryo SPd, MM dalam sambutannya mengutip sebuah pepatah “dimana ada pertemuan, disitu ada perpisahan”. Dia menceritakan mulai ketika para siswa diterima di MAN Gombong dalam keadaan penuh harapan mulai dari proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) 3 tahun lalu, kemudian dibina, diajarkan, dididik, dibimbing, diarahkan, diatur, hingga hari sampai akhirnya harus berpisah para gurunya.

“Mudah-mudahan ilmu yang diberikan selama 3 tahun bisa menjadi anak tangga yang kokoh untuk menaiki tangga berikutnya,” harapnya. Kemudian harus pergi lagi menuntut ilmu untuk bekal menggapai cita-cita dan mimpi maupun hidup bermasyarakat, lanjutnya.

Dia juga berharap bahwa ketika  pengumuman nanti seluruh siswa bisa lulus 100% dengan nilai yang memuaskan. Hal ini bukan karena tidak ada alasan, berdasarkan prestasi nilai UAMBN sebelumnya, MAN Gombong terbukti bisa berprestasi dengan torehan nilai yang berada diatas MAN lain di Kebumen.

Lebih lanjut Sunaryo menyampaikan tiga hal kepada siswa agar mereka bisa mencapai cita-cita mereka. Diantaranya harus bisa menentukan target dan tujuan hidup, jangan takut bermimpi, kemudian supaya terus mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki.

Terakhir dia berpesan agar selalu menjaga nama baik madrasah di manapun berada, termasuk ketika proses pengumuman kelulusan nanti. “Luapkanlah dengan cara terpuji dan jangan lupa bersyukur,” pungkasnya.(kh/pt/Af)