MA Riyadl Sabet Presentasi Terbaik LKTI Unibraw

Rembang – MA Riyadlotut Tholabah, Sedan berhasil menyandang juara Presentasi Terbaik pada perhelatan Musabaqoh Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (LKTI) tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Universitas brawijaya Melalui Kegiatan Gebyar Brawijaya Qur’ani 2021. Pengumuman lomba ini diadakan pada Minggu (24/10/2021) secara live streaming youtube.

Sebelumnya, diadakan presentasi oleh tim  Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) MA Riyadl yang diwakili oleh Ahmad Khoirudin dan Dawamul Khoir. Dari presentasi ini, tim MA Riyadl berhasil meraih juara kategori Presentasi terbaik. Presentasi dilakukan secara daring melalui zoom meeting pada hari Jum’at 22 Oktober 2021.

Dalam presentasi tersebut, Ahmad Khoirudin dan Dawamul Khoir memaparkan hasil penelitiannya yang berjudul “Assholatu: Media Berbasis Augmented Reality Termodifikasi Sebagai Sarana Edukasi Sholat Anak Usia Dini Implementasi Q.S An-Nisa Ayat 103”.

Penelitian tersebut berisi inovasi cara mengajarkan sholat kepada anak usia dini dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Dengan memodifikasi permainan monopoli dan memafaatkan Augmented reality.

Penelitian tersebut dilatarbelakngi oleh tingginya tingkat interaksi anak-anak terhadap gadget dan urgensi pengenalan sholat sejak dini.

Khoirudin mengaku sangat senang saat mengetahui kelompoknya masuk dalam nominasi presentasi terbaik. Selaku ketua kelompok, ia juga berharap penelitiannya dapat dikembangkan menjadi sebuah aplikasi yang dapat di unduh oleh masyarakat luas secara bebas.

“Alhamdulillah penelitian kami masuk dalam nominasi presentasi terbaik. Semoga ini menjadi motivasi kami untuk terus berkembang. Kami juga berharap penelitian kami dapat dikembangkan menjadi menjadi sebuah aplikasi yang dapat di unduh oleh masyarakat luas secara bebas. Sehingga manfaatnya dirasakan oleh masyarakat luas,” ungkap Khoirudin. – (nawal)