MA Swasta Di Pemalang Serentak Melaksanakan PASBK

Pemalang – Hari ini, Sabtu (9/12) merupakan hari terakhir pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) tingkat Madrasah Aliyah (MA). Sejak tanggal 29 November 2017, siswa siswi MA melaksanakan PAS semester gasal tahun pelajaran 2017/2018.

Dhiah Sefriana selaku Pengawas Pendidikan Madrasah Aliyah Kabupaten Pemalang mengatakan pelaksanaan PAS di MA swasta seluruh Kabupaten Pemalang telah berbasis komputer. “Untuk tahun ini seluruh MA swasta di Kabupaten Pemalang sepakat melaksanakan PAS berbasis komputer untuk kelas XII,” tutur Dhiah.

Dia menceritakan menurut keterangan beberapa Kepala Madrasah, PASBK lebih menghemat anggaran khususnya untuk penggandaan soal. Selain itu siswa juga bisa langsung mengetahui nilainya begitu selesai mengerjakan dan hal ini menjadikan para siswa lebih berhati-hati dalam menjawab soal. Keunggulan lainnya, analisis hasil ujian bisa langsung diketahui.

“Kami sangat mendukung PASBK ini karena soal tiap siswa berbeda sehingga tingkat kejujuran siswa lebih tinggi. Harapannya dengan PASBK pada semester gasal ini maka saat UNBK dan UAMBK nanti siswa sudah terbiasa ulangan berbasis komputer, sehingga secara mental siswa akan lebih siap,” tutur Dhiah.

Penggunaan komputer dalam ujian telah diawali dalam pelaksanaan Ujian Nasional tingkat MA tahun pelajaran 2016/2017. Saat itu seluruh MA di Kabupaten Pemalang melaksanakan UNBK. Namun pada pelaksanaan PAS kali ini, MA Negeri Pemalang tidak berbasis komputer. Hal tersebut kata Dhiah karena tidak mencukupinya jumlah komputer dibanding jumlah siswa.

Dhiah berharap, bukan hanya siswa kelas XII saja yang merasakan ujian berbasis komputer, namun bisa lebih luas lagi. Guru bisa mengadakan ulangan harian berbasis komputer di semua jenjang, baik kelas X maupun kelas XI. Dan hal ini telah dilaksanakan di MA Salafiyah Karangtengah. (rr/fi/rf)