Pentas Seni Mabit LPQ Al Huda

Mabit LPQ Al Huda, Implementasi Karakter Ahlakul Karimah Di Era 4.0

Banjarnegara – Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQ) Al Huda mengadakan kegiatan Malam Bina Umat (Mabit) yang dibantu oleh panitia dalam rangka memperingati milad LPQ ke – 6 yang dilaksanakan di LPQ Al Huda Karanganyar. Kegiatan Mabit ini direspon baik oleh orang tua santri Kamis,(1/7).

Pimpinan LPQ Al Huda Karanganyar, Tutut Setiyarini menyatakan bahwa maksud dan tujuan kegiatan ini tidak lain adalah untuk membentuk karakter akhlakul karimah santri agar selalu mencintai Al-Qur’an serta dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari yang tentunya dapat menjadi panutan, baik untuk dirinya sendiri, keluarga dan lingkungan dimana ia tinggal nantinya. Rangkaian kegiatan ini antara lain ngaji bareng, Pentas Seni (PENSI), dan tadabur alam.

Beliau mengungkapkan pemateri di datangkan dari kaum milenial yang semangat membara dalam berbagi ilmu.

 “Acara Mabit ini di isi oleh pemateri yang pertama yaitu dari anggota Lembaga Amil Zakat Infak Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Aji Prasetyo dengan materi Sejarah Islam dan pemateri  yang kedua dari ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) ranting Karanganyar Dzaki Nafi’u Ridho dengan materi Fiqh,” imbuhnya.

“Dalam kegiatan ini tidak hanya mendidik santri untuk mencintai Al-Qur’an dan mencintai Allah. Tetapi juga melatih santri untuk kreatif dan berani untuk menunjukan karyanya, yang di tampilakan pada acara PENSI. Kegiatan PENSI ini salah satu cara untuk menyalurkan bakat santri, baik itu menyanyi, menari, tartil puisi ataupun hasil karya-karya yang lainnya,” jelasnya.

Tutut menambahkan bahwa kegiatan Mabit ini juga terdapat tadabur alam, dimana para santri berkeliling lingkungan sekitar guna mensyukuri dan melihat betapa maha kuasanya Allah atas semua ciptaan-Nya. “Saat tadabur alam, santri juga diberi pertanyaan-pertanyaan yang telah mereka pelajari sebelumnya seperti materi fikih, tajwid, hadits, akidah, bahasa Arab dan sejarah Islam,” ungkapnya

Di akhir kegiatan ini, Pimpinan LPQ Al Huda memberikan sertifikat kegiatan guna membangkitkan motivasi dan semangat santri untuk terus belajar di LPQ Al Huda Karanganyar serta berharap pada acara milad LPQ yang ke – 6 ini, LPQ Al Huda semakin maju, dapat membanggakan orang tua santri, lingkungan dan nama baik LPQ Al Huda Karanganyar. (hd/ak/rf)