Macapat Bersama PGRI Cabsus Kankemenag Sukoharjo

Sukoharjo. Dalam rangka memperingati HUT PGRI ke-73 dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun  2018, yang jatuh pada tanggal 25 Nopember 2018, PGRI Cabang Khusus Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Sukoharjo mengadakan serangkaian kegiatan yang sudah dimulai semenjak tanggal 01  Nopember 2018 diantaranya adalah lomba  solo vocal Pa/Pi, macapat Pa/Pi, dan tenis meja beregu. 

Kegiatan lomba dibuka oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Sukoharjo yang diwakili oleh T. Istanto Kasi PAIS yang sekaligus sebagai ketua PGRI Cabang Khusus Kankemenag Kabupaten Sukoharjo. T. Istanto mengatakan Kegiatan lomba harus dilaksanakan dengan sportifitas yang tinggi dan dilandasi dengan  kejujuran. Dia juga menjelaskan bahwa kegiatan  lomba tersebut dilaksanakan secara berjenjang, sehingga peserta lomba yang berhasil terpilih untuk mewakili ke jenjang berikutnya pastilah peserta yang terbaik sehingga mampu bersaing di PGRI tingkat Kabupaten, sebagaimana tahun lalu perwakilannya yang terpilih mampu menjadi juara satu Pambyawara, dan juara tiga mangayubagya Harjo. Dalam upacara pembukaan hadir pula  secara pribadi, Bambang Sutrisno Ketua PGRI Kabupaten Sukoharjo, yang didampingi Heru Purnomo Sekretaris PGRI Kabupaten Sukoharjo yang sekaligus sebagai juri lomba macapat.

Kegiatan Perlombaan dilaksanakan di dua tempat, untuk cabang solo vocal dan tenis meja, dilaksanakan di gedung IPHI Sukoharjo, Sedangkan untuk Macapat dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo. Dewan juri untuk macapat dan solo vocal diambilkan dari dinas pendidikan. Hal ini untuk mengurangi subyektivitas dalam penjurian. Sedangkan wasit untuk lomba tenis meja diambil dari guru-guru olahraga baik dari MI maupun MTs.

Peserta lomba adalah utusan dari dari  semua Ranting Khusus PGRI Kankemenag Kabupaten Sukoharjo yang tersebar di 12 Kecamatan. Jumlah ranting khusus se-Kabupaten Sukoharjo ada 14 Ranting Khusus. Setiap ranting khusus mengirimkan  8 (delapan) peserta lomba, yang terdiri dari  1(satu) peserta solo vocal  Pa/ Pi, 1 (satu) peserta macapat  Pa/ Pi, dan tenis meja 2 Pa 2Pi. Namun tidak semua  ranting khusus dapat mengirimkan peserta secara penuh. Sehingga yang seharusnya jumlah peserta secara keseluruhan  112 peserta, namun yang mendaftar ulang hanya 100 peserta.

Setelah masing-masing peserta lomba menunjukkan performa terbaiknya dan melalui proses seleksi yang ketat akhirnya sebagai juara umum dipegang oleh Ranting Khusus Kecamatan Sukoharjo, yang mendapatkan 4 (tiga) mendali emas yang terdiri dari  2 (dua) mendali emas cabang solo vocal Pa/Pi, 1 (satu) mendali emas cabang tenis meja putra, 1 (satu) mendali emas cabang macapat putra,  dan 1 mendali perak dari cabang tenis meja putri.

Lomba cabang Solo Vocal tingkat PGRI Kabupaten Sukoharjo dilaksanakan pada hari senin, 5 Nopember di Graha PGRI Sukoharjo. Sebagai Juara satu tingkat PGRI cabang khusus  Kankemenag  Kabupaten Sukoharjo Endik Krisyadi  dan Wiwit  Maharesti,  akan mewakili bertanding menghadapi  peserta dari PGRI Cabang se-Kabupaten Sukoharjo. Sedangkan  Sarmo dan Sarwendah akan  mewakili PGRI Kabupaten Sukoharjo lomba macapat tingkat PGRI Kabupaten Sukoharjo akan dilaksanakan pada tanggal 14 November 2018 mendatang.

Sedangkan untuk cabang atletik tenis meja, lomba akan digelar di PGRI Kabupaten tanggal 10 nopember 2018. Adapun atlet yang dikirimkan berjumlah 4 peserta yang terdiri dari 2 Putra yaitu Digit Prima Adhi Wardana dan Rajimin. Serta 2 putri yaitu Anita Hendrastuti dan Rommlah Isdayati.

Ihsan Muhadi Kepala Kankemenag Kabupaten Sukoharjo, yang dihubungi per telephone karena tugas luar   mengapresiasi  PGRI Cabang Khusus Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo yang telah  melakssanakan even kegiatan dalam rangka meningkatkan profesionalitas dalam pembelajaran apalagi dalam menghadapi tantangan era industry 4.0. “Melalui kegiatan ini bisa meningkatkan semangat kebersamaan untuk selalu berusaha meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo. Proses seleksi yang baik yang diikuti dengan persiapan  yang baik  akan membuahkan hasil yang baik. Insya allah wakil dari PGRI Cabang Khusus Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo akan medapat juara seperti tahun-tahun sebelumnya”. Kata Kakankemenag.

Hal tersebut senada dengan apa yang diprediksikan oleh Widodo selaku sekertaris PGRI Cabang Khusus Kankemenag  Sukoharjo, dia optimis beberapa perwakilan dari Kabupaten Sukoharjo ada yang berpeluang untuk menyabet gelar juara.

Masih menurut Widodo, selain mengadakan serangkaian kegiatan lomba, PGRI Cabang Khusus juga akan mengikuti gerak jalan yang aka digelar oleh PGRI Kabupaten Sukoharjo tanggal 24 Nopember 2018 dengan mengambil start di Alun-alun Satya Negara Sukoharjo. Dan sebagai puncak dari seluruh rangkaian kegiatan, akan dilaksanakan upacara bendera HUT PGRI dan HGN Tahun 2018 tanggal 25 Nopember . (wied/djp/bd).