Madin Tuhfatus Shibyan Juara Umum Musabaqoh Madin

Rembang – Madrasah Diniyah Tuhfatus Shibyan berhasil meraih juara umum dalam perhelatan Musabaqah Ta’miliyyah, Seni, dan Olahraga antar Madin se-Kecamatan Sedan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh FKDT Kecamatan Sedan, selama dua hari, Minggu-Senin (21-22/10/2018) di lingkungan Kecamatan Sedan, Rembang.

Kegiatan ini terdiri dari enam cabang lomba, yaitu membaca kitab kuning Safinatun Najah, Tilawatil Qur’an, Tahfidzul Qur’an (juz’amma), Seni Kaligrafi, Tahfidz Aqidatul Awam, dan lomba lari.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 35 madin di Sedan. Ketua FKDT Kecamatan Sedan, Mahsun mengatakan, kegiatan berlangsung seru. Masing-masing kafilah dari madin menunjukkan kemampuan yang maksimal. Hal ini pantas mengingat Sedan yang dikenal sebagai kota santri yang memiliki banyak ulama.

Mahsun menjelaskan, Madin Tuhfatus Shibyan berhasil meraih juara umum, disusul madin Al-Islah. Madin Tuhfatus Shibyan berhasil merebut juara I qiroatil kitab (pa), tilawatil Qur’an (pa), tahfidzul Qur’an (pa), seni kaligrafi (pa), tahfidz Aqidatul Awam (pa dan pi), dan lari (pa).

Masun berharap, kegiatan yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Santri ini diharapkan dapat semakin meningkatkan semangat belajar para santri. Selain itu, kegiatan ini dapat mempertahankan eksistensi madin di gempuran era milenial ini.

“Semoga madin di kecamatan Sedan masih terus bertahan dan menjadi pilihan utama masyarakat Sedan,” kata Mahsun.–iq/bd