Madrasah Aliyah Negeri/Swasta Kota Magelang Siap UNBK 2017

Kota Magelang – Tahun ini menjadi tahun pertama bagi sekolah madrasah dalam mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Persiapan untuk melaksakan ujian itu pun terus dimatangkan. Selasa (14/3) para penanggung jawab server di sekolah di madrasah aliyah bersama beberapa staf penmad kemenag kota magelang mengadakan Simulasi UNBK, bertempat di MA Al Iman acara berlangsung lancar.

Pelaksanaan Ujian Nasional untuk sekolah tingkat SMA/MA/SMK akan diselenggarakan dua bulan lagi. Beberapa sekolah sudah mulai melakukan latihan dan try out termasuk Madrasah Aliyah Al Iman yang akan menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Kementerian Pendidikan memberikan kesempatan bagi sekolah penyelenggara UNBK agar melakukan simulasi ujian. Dengan tujuan, siswa terbiasa mengerjakan soal ujian dengan komputer sebelum ujian yang sebenarnya berlangsung.

Kepala Madrasah Aliyah Al Iman Wahyuni mengatakan selama pelaksanaan simulasi, siswa terlihat lebih nyaman dalam mengerjakan soal ujian dengan komputer, tidak ada rasa takut jika nanti jawaban mereka tidak teerbaca komputer. “Siswa terlihat lebih nyaman dalam mengerjakan soal ujian dengan komputer.” Ujarnya

Pada saat pelaksanaan simulasi,  semua santri menggunakan komputer dalam mengerjakan soal. Mata pelajaran yang dikerjakan sama seperti Ujian Nasional tahun sebelumnya.  yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Tafsir, Fiqih, Hadist untuk jurusan keagamaan. Sedangkan untuk jurusan IPA mata pelajaran yang diujiakan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Biologi, Kimia dan fisika.

Khusus mata pelajaran Bahasa Inggris, tingkat SMA/SMK sederajat terdapat soal listening (soal berupa suara percakapan berbahasa inggris) maka santri diwajibkan menggunakan headphone. Soal yang dikerjakan oleh siswa berbeda-beda meskipun mereka sedang mengerjakan pelajaran yang sama.

Untuk Ujian Nasional tingkat SMA/SMK sederajat akan dilaksanakan pada tanggal 4 s/d 12 April 2016, diikuti 55 siswa MA Al Iman dan 373 siswa MAN 1 Kota Magelang. (S3bti/Af)