Kapolres Pemalang Tutup Pelatihan Da’i Kamtibmas

Pemalang – Untuk meningkatkan kompetensi dibidang pembinaan agama kepada masyarakat, Polres Pemalang mengadakan pelatihan da’i kamtibmas. Pelatihan ditujukan kepada Bhabinkamtibmas, masing-masing Polsek mengirimkan dua peserta.

Pelatihan diselenggarakan dengan menggandeng Penyuluh Agama Islam PNS di lingkungan Kankemenag Kabupaten Pemalang sebagai narasumber. Kegiatan dilaksanakan selama empat pertemuan yang diadakan setiap hari Jum’at. Pertemuan pertama dimulai pada hari Jum’at (3/11) dari jam 9.00 sampai dengan jam 11.00 WIB di Mapolres Pemalang.

Setelah tiga kali pelaksanaan, dipertemuan keempat pada hari Selasa (21/11) Kapolres Pemalang, AKBP Agus Setyawan menutup pelatihan tersebut. Penutupan dilaksanakan di aula Kankemenag yang dihadiri oleh Kepala Kankemenag, Penyuluh Agama Islam PNS, dan Kapolsek se-Kabupaten Pemalang.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Kepala Kankemenag atas partisipasinya dalam pelaksanaan pelatihan da’i kamtibmas, pematerinya bagus semua. Diharapkan para Bhabinkamtibmas akan siap dalam melaksanakan tugas di tengah-tengah masyarakat. ¬†Kami ingin Bhabinkamtibmas bisa menjadi imam maupun khotib ¬†sholat Jum’at, memberikan penyuluhan kepada masyarakat. Apabila pelaksanaan tugas ada yang kurang pas, mohon dukungannya,” jelas Kapolres.

Kepala Kankemenag, Taufik Rahman berharap Bhabinkamtibmas bisa bekerjasama dengan para Penyuluh Agama Islam untuk menjaga kamtibmas di daerah. “Selain Penyuluh Agama Islam PNS, kami juga mempunyai Penyuluh Agama Islam Non PNS, setiap kecamatan ada delapan penyuluh. Kami berharap dalam pelaksanaan tugas kamtibmas di daerah bisa bersama-sama agar tercipta kerukunan, kedamaian di Kabupaten Pemalang,” harap Taufik.

Mengakhiri kegiatan, Kapolres bersama Kakankemenag menyerahkan piagam penghargaan kepada peserta yang diwakili oleh Brigadir Sofyan Khanafi dan pemateri yang diwakili oleh Masruri.

Menurut keterangan Kasat Binmas Polres, AKP Agus Salim, Polres Pemalang merupakan satu-satunya Polres di wilayah Polda Jawa Tengah yang mengadakan pelatihan da’i kamtibmas. (fi/rf)