Maknai Hari Santri, MTsN 2 Wonosobo Gelar Rangkaian Perlombaan

Wonosobo – MtsN 2 Wonosobo umumkan pemenang lomba rangkaian kegiatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 yang telah diselenggarakan oleh pihak Madrasah beberapa waktu yang lalu. Pengumuman juara tersebut disampaikan usai pelaksanaan Upacara peringatan HSN yang dilaksanakan pada hari Jumat, (22/10) di halaman Madrasah setempat.

Adapun juara yang disampaikan yakni juara satu, dua, dan tiga kategori lomba Tartil Qur’an, Pidato, Puisi Religi, dan Loma Sholawat.

Berdasarkan data yang disampaikan oleh Salimah, selaku Humas MTsN2 Wonosobo menuliskan, adapun nama-nama siswa yang meraih juara yakni, Kategori Lomba Tartil Qur’an Juara 1 diraih oleh, Irma Hasna Pramulia (7D), Juara 2, Mei Arsima dan Septi Fatika (8B), Juara 3, dan Aghna Himatul Ulya (8A). Sementara untuk lomba pidato, Juara 1 Nabila Khoirunisa 8A, Juara 2 Fariskha Salma Maulida 8B, dan Juara 3 Nur Malita Jimny Hapsari 9B.

Selanjutnya untuk Lomba Puisi Religi, Juara 1 Rafif Wildan tsani priatna 8E, Juara 2 Naila airin niha 7c dan Juara 3 Aulia salsabila 7 E. Kemudian untuk Lomba Sholawat, juara 1 Yessica Rahmana kelas 8A, juara 2 Dava Andrian kelas 7H, dan juara 3 Jessica Arum Zahra kelas 8C.

Dalam arahan usai membacakan sambutan dari Menteri Agama, Kepala MTsN 2 Wonosobo, Yatiman, mengatakan, peringatan HSN 2021 memiliki makna sebagai bentuk apresiasi terhadap supremasi pejuangan santri dan ulama pesantren dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia,

“dalam memeriahkan peringatan ini, sudah semestinya diisi dengan berbagai kegiatan yang diharapkan dapat menambah skill dan prestasi siswa. Kami juga mengajak untuk senantiasa bersyukur setelah hampir 2 tahun kegiatan belajar mengajar tidak bisa dilakukan karena pandemi, tapi saat ini kita sudah bisa kembali melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka meski masih 50%,” katanya.

Setelah melaksanakan upacara hari santri MTsN 2 Wonosobo juga melaksaksanakan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, dengan diisi Khotmil Quran serta Tahlil.

Sementara itu, menurut Menteri Agama Yaqut Cholil Choumas, dalam naskah sambutannya menyampaikan, tema HSN Santri Siaga Jiwa Raga merupakan komitmen seumur hidup santri untuk membela Tanah Air, Siaga Jiwa Raga juga merupakan komitmen seumur hidup santri untuk membela Tanah Air yang lahir dari sifat santun, rendah hati, pengalaman, dan tempaan santri selama di pesantren.

Senada dengan Yaqut, Kakankemenag Kab. Wonosobo, Ahmad Farid, mengetahui adanya rangkaiaan kegiatan HSN di MTsN 2 Wonosobo menyebutkan, selain santri di Pesantren, Siswa Madrasah juga memiliki peranan yang sama dalam menjaga kesatuan dan membeta tanah air,

“baik santri maupun siswa Madrasah, sama-sama memiliki peran penting dalam membela dan menjaga kesatuan Tanah Air. Oleh karenanya kami beraharp melalui prestasi-prestasi akademik dan non akademik siswa madrasah dapat memberikan kontribusinya kepada Negara dalam hal pendidikan,” kata Farid. Ps-ws