Rapat Persiapaan PPDB MAN 1 Banjarnegara

MAN 1 Banjarnegara Siapkan Aplikasi Tes Peminatan Peserta Didik Baru

Banjarnegara – Sesuai agenda tahunan tes peminatan peserta didik kelas X (sepuluh), Sunaryo selaku Kepala MAN 1 Banjarnegara menjelaskan bahwa untuk tahun 2021, madrasah akan memfasilitasi peserta didik baru dengan tes peminatan berbasis komputer secara online. 

“Dimasa digitalisasi teknologi seperti sekarang, sudah saatnya peserta didik dapat melaksanakan tes secara praktis dengan hasil yang akurat, lengkap, dan dapat diakses secara cepat, baik oleh diri peserta didik maupun lembaga.  Dengan demikian dapat segera dimanfaatkan untuk pendampingan dan pembinaan pembelajaran,” ungkapnya pada Kamis (24/6).

Disampaikan pula oleh Sunaryo bahwa untuk mewujudkan hal tersebut, madrasah bekerja sama dengan salah satu platform penyedia konten pendidikan digital yang cukup handal dan berpengalaman dalam menyelenggarakan tes peminatan bagi peserta didik. 

“Untuk mempersiapkan agenda tersebut, madrasah menugaskan waka kurikulum dan guru BK mengikuti sosialisasi dengan pihak terkait,” imbuhnya.

Selesai mengikuti kegiatan, Sigit Sugiyanto, salah seorang guru BK madrasah menuturkan bahwa tes peminatan difokuskan pada tes intelegensi untuk penentuan rekomendasi penjurusan. 

“Disamping itu dilengkapi pula dengan tes gaya belajar dan potensi psikologi untuk pemetaan peserta didik sebagai acuan treathment dalam pembelajaran.  Fasilitasnya juga sangat lengkap, praktis dan terintegrasi,” jelasnya.

Waka kurikulum Indriyani menambahkan bahwa konten yang tersedia meliputi tes kemampuan umum, tes kemampuan akademik, dan tes skolastik. Terdapat pula sistem secara online, simpel, stabil, user friendly, serta fasilitas report bagi semua pihak yang berkepentingan.

“Dengan lengkapnya fasilitas sistem, semoga dapat mendukung pemetaan dan pemantapan peminatan, program matrikulasi, serta personal touching dalam pendampingan belajar yang akan menghantarkan peserta didik sukses dalam penentuan arah studi lanjut dan karier,” harap Indri.  (ind/ak/rf)