MAN 1 Brebes Adakan PAT Untuk Kenaikan Kelas, di Tengah Pandemi Covid-19

Kondisi darurat pandemi covid 19 hingga saat ini belum berakhir. Kebijakan Penyelenggaraan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), ujicoba Pembelajaran Tatap Muka (PTM)  tahap 1 dan 2 bagi sekolah tertentu yang ditunjuk pemerintah pun sudah dilakukan dan sebagai akhir dari pembelajaran, setiap Madrasah diharuskan untuk segera menyelesaikan Penilaian Akhir Tahun (PAT)  untuk kenaikan kelas sesuai dengan kalender pendidikan madrasah tahun pelajaran 2020-2021 seperti  halnya MAN 1 Brebes.

Pada  hari ini tanggal  2  s.d. 12 Juni 2021 mendatang, MAN 1 Brebes menyelenggarakan PAT melalui daring diikuti oleh 817 siswa. Kelas X  sebanyak 435 siswa yang terbagi  kelas IPA  185 siswa, IPS 179 siswa dan Agama 71 siswa. Kelas XI sebanyak 382 yang  terdiri atas  kelas IPA  177 siswa, IPS  141 siswa dan Agama, 64  siswa.Kegiatan PAT dipandu secara jarak jauh oleh 12 pengawas langsung dari laboratorium komputer MAN 1 Brebes.

Untuk mengikuti PAT, seluruh siswa diharapkan mengikuti panduan yang sudah ditetapkan madrasah, antara lain pada pukul 07.00 WIB peserta mempersiapkan perangkat berupa smartphone, leptop atau komputer.  Pukul 07.10 s.d. 07.20 WIB seluruh peserta mengisi kehadiran  kelas masing-masing dan peserta akan menerima link dari grup madrasah yang dipandu oleh proktornya masing-masing. Setiap peserta akan menerima token yang selalu berbeda untuk tiap  mata pelajaran menggunakan aplikasi CBT yang mampu menampung 1000 responden lebih dalam waktu yang sama. Waktu mengerjakan soal disesuaikan dengan jadwal yang sudah diumumkan.

“Kendala yang dihadapi peserta saat mengerjakan soal melalui daring biasanya adalah masalah teknis, seperti tidak ada koneksi, soal tidak terbaca, loading terlalu lama, dan tidak bisa ke soal-soal selanjutnya,” ungkap Linda Nurwanti, wali kelas X IPA 1.

“Untuk mengatasi permasalahan ini, peserta dapat men-screenshoot tampilan dan dikirim ke proktor kelas masing-masing dan proktor meneruskannya ke tim teknis,” ujar Sigit Wiyono, proktor PAT semester genap.

“Hari pertama pelaksanaan PAT berlangsung tertib dan lancar meskipun ada beberapa kendala yang dihadapi peserta namum masih bisa ditangani bersama tim teknis dan panitia,” ujar Kepala MAN 1 Brebes, Ahmad Najid. 

“Meskipun  seluruh peserta mengerjakan soal di rumah, kami berharap anak-anak tetap menerapkan kejujuran dalam pelaksanannya. Siswa benar-benar mengerjakan soal sendiri, dan diharapkan hasilnya pun memuaskan,” harap kepala MAN 1 Brebes.(Aini Salsabila/Sua)