MAN 1 Brebes Gelar Pelepasan Siswa-Siswi Kelas XII Tahun Pelajaran 2020-2021

Brebes – MAN 1 Brebes menggelar pelepasan siswa-siswi kelas 12 Selasa, 25 Mei 2021. Acara ini diselenggarakan di aula MAN 1 Brebes dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah. Acara dikemas sedemikian rupa sederhana dan singkat namun tetap khidmat. Diawali dengan pembukaan, dilanjutkan dengan sambutan Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Brebes, Ahmad Najid. Prosesi pengalungan samir kepada peserta kelas XII dan diakhiri penutup.

“Teknis pelaksanaan pelepasan kelas XII kami bagi dalam beberapa sesi untuk menghindari kerumunan,” ungkap Nasikin, Waka Kesiswaan MAN 1 Brebes selaku Ketua Penyelenggara.

“Pukul 08.00 WIB diberlakukan untuk seluruh kelas XII Mia 1 s.d.4, pukul 09.00 diperuntukkan bagi kelas XII Mia 5 dan  IIS 1 s.d. 3 dan pukul 10.00 WIB bagi kelas XII IIS 4 dan kelas XII IIK 1 s.d. 2,” papar Nasikin.

Dalam aula hanya terdapat 30 orang siswa, Kepala MAN 1 Brebes dan Wali kelasnya, disaksikan oleh 2 orang perwakilan dari Pengurus Komite MAN 1 Brebes. Usai pengalungan samir, mereka diperkenankan segera pulang untuk menghindari kerumunan dan di ruang transit sudah siap peserta dari kelas berikutnya. “Kami juga menyediakan layar lcd baik di ruang guru maupun di ruang transit agar selama pelaksanaan dapat disaksikan oleh semua dewan guru yang hadir dan seluruh peserta melalui penayangan siaran langsung,” lanjutnya.

Tahun ini MAN 1 Brebes meluluskan 348 peserta didik dari  jurusan IPA, IPS dan Keagamaan yang beberapa waktu lalu terdapat 18 siswa diterima di SNMPTN 2021 sebanyak 23 siswa, tersebar di berbagai perguruan tinggi negeri kenamaan di Jawa dan Bali dan  35 siswa diterima dijalur SPAN PTKIN 2021 tersebar di UIN kenamaan di Semarang, Salatiga, Pekalongan, Purwokerto,  Kudus, Cirebon, Lampung  dan Jakarta.

Pada kesempatan yang sama, diberikan pula penyerahan penghargaan kepada 10 siswa berprestasi kelas 12 yang telah meraih medali dan sertifikat dalam setiapkompetisi seperti Olimpiade Foton Institute, Madrasah Olympiad Contest, Olimpiade Rihand Creative, Bimage Competition dan Nusantara Science Competition. “Alhamdulillah per 20 Mei 2021, berdasarkan rekap  Kanwil Kemenag Prov. Jateng, perolehan prestasi siswa madrasah tingkat kabupaten/kota, eks karesidenan, provinsi, nasional dan internasional, MAN 1 Brebes berada di urutan 6”, papar  Kepala MAN 1 Brebes. “Ini merupakan prestasi yang membanggakan,” lanjutnya.

“Pandemi Covid-19 ini tidak menjadi halangan kami dan anak didik kami untuk terus berkarya dalam dunia pendidikan agama dan sains. Situasi ini mengajarkan kita untuk terus maju dan bekerja keras demi meraih hasil yang terbaik dalam bidang apapun sesuai dengan bakat, minat masing-masing dan berguna bagi agama, masyarakat, nusa dan bangsa,” ujar Kepala MAN 1 Brebes, Ahmad Najid.(Aini Salsabila/Sua).