MAN 1 Magelang Gelar Education Fair 2017

Magelang, Mengambil tema Open Your Mindset and Start Futures for Excellent Education,  MAN 1 Magelang menggelar Education Fair 2017, Sabtu (04/02). Education Fair 2017 dimeriahkan dengan gelar kreativitas seni, pameran kegiatan eksrakurikuler, dan stand berbagai universitas. Pada hari Minggu, (05/02) diselenggarakan Seminar dengan tema Pendidikan untuk Negeri.

Kepala MAN 1 Magelang Khoironi Hadi menyampaikan bahwa Education Fair 2017 merupakan ide dan prakarsa alumni MAN 1 Magelang yang tergabung dalam Organisasi Alumni Daarunnajaah (IKADA) dan forum OSIS.

Menurut Khoironi Hadi, melalui Education Fair 2017, MAN 1 Magelang ingin memberikan informasi kepada masyarakat luas khususnya peserta didik SMP/MTs agar dapat bersilaturahmi, dan setelah lulus dapat menentukan pilihan untuk mendaftar di MAN 1 Magelang.

“MAN 1 Magelang mempunyai program umum seperti sekolah umum lainnya, bahkan kami mempunyai ciri khusus berupa asrama putra dan putri dalam rangka taffaqoh fiddin, memperkuat hifdzil quran, dan bahasa asing dengan native speaker dari Amerika Serikat,” jelasnya.

“Bahkan MAN 1 Magelang telah ambil bagian dalam program student exchange dalam bidang organisasi kepemudaan dengan Amerika Serikat,” tambahnya.

Khoironi Hadi menjelaskan bahwa di MAN 1 Magelang tersedia banyak program keterampilan sebagai bagian komitmen madrasah untuk memberikan life skill bagi para siswanya seperti tata boga, otomotif, perakitan computer, laboratorium solar system,  elektronika, membatik. Bahkan tersedia juga fasilitas teropong bintang di Lab. Agama yang bisa digunakan untuk praktik menentukan posisi hilal, peralatan solar system yang mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik, dan radio pelajar.  

Lebih lanjut Khoironi Hadi menyebutkan bagi siswa madrasah kelas XII, kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk memberikan gambaran tentang studi selanjutnya dengan hadirnya stand-stand perguruan tinggi.

“Konsep kegiatan ini adalah seeing is believing… lihatlah, maka kamu akan percaya, dan tidak ragu kepada MAN 1 Magelang,” tegas Khoironi Hadi.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Magelang Kudaifah, didampingi oleh Kasi Pendidikan Madrasah Fatchur Rochman, Ketua Komite Madrasah, dan segenap guru MAN 1 Magelang. Upacara pembukaan dimeriahkan oleh penampilan marching band, pencak silat, tari kreasi baru, dan fashion show anak-anak jurusan Tata Boga. (m45k/Afief).