MAN 1 Magelang Gladi Bersih Ujian Nasional

Mungkid – MAN 1 Magelang melaksanakan Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBNBK) secara berantai dari tanggal 12 sd 16 Maret 2018.

Kepala MAN 1 Magelang Khoironi Hadi menyampaikan bahwa simulasi UNBK ini adalah simulasi ketiga sebagai Gladi Bersih UNBK Tahun Pelajaran 2017/2018. Sedangkan untuk UAMBNBK merupakan ujian akhir mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa merupakan Simulasi Kedua sekaligus Gladi Bersih UAMBNBK.

“Jumlah peserta Simulasi UNBK dan UAMBNBK sebanyak 577 siswa, terdiri atas 4 (empat) jurusan. Jurusan Ilmu Keagamaan berjumlah 39 siswa. Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) berjumlah 231 siswa. Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) berjumlah 275 siswa. Jurusan Ilmu Bahasa Budaya sebanyak 34 siswa,” kata Khoironi Hadi.

Sedangkan jadwal Simulasi Ujian Nasional adalah sebagai berikut.

Hari pertama, Senin, 12 Maret 2018 adalah Mata Pelajaran Matematika. Sesi pertama pukul 07.30 – 09.30. Sesi kedua pukul 10.30 – 12.30 dan Sesi ketiga pukul 14.00 – 16.00.

“Jumlah ruang yang digunakan untuk Simulasi UNBK dan UAMBNBK sebanyak 5 ruang terdiri dari Ruang 1 s.d. Ruang 4 masing-masing berkapasitas 40 komputer client dan 1 komputer server. Sehingga dapat menampung masing-masing 40 peserta UNBK dan UAMBNBK. Sedangkan Ruang 5 berkapasitas 35 komputer client dan 1 komputer server. Masih ditambah 5 unit cadangan komputer yang siap untuk mengatasi bila ada komputer yang bermasalah” lanjutnya.

Khoironi Hadi menyampaikan bahwa dalam simulasi ini masih dijumpai kendala yakni ada beberapa komputer yang tidak bisa dioperasikan karena gangguan Virus, namun dapat segera diatasi oleh teknisi.

“Hari pertama ada beberapa komputer yang mengalami gangguan virus, kemudian para teknisi yang terdiri dari 4 orang segera menyelesaikan, sehingga dapat teratasi dengan baik,” katanya.

Hari kedua mata pelajaran Bahasa Inggris dan simulasi untuk mata pelajaran pilihan UNBK untuk mata pelajaran pilihan terbagi atas: Mata Pelajaran Fisika sebanyak 24 siswa; Mata Pelajaran Kimia sebanyak 38 siswa; Mata Pelajaran Biologi sebanyak 169 siswa. Mata Pelajaran Ekonomi sebanyak 19 siswa; Mata Pelajaran Sosiologi sebanyak 84 siswa; Mata Pelajaran Geografi sebanyak 172 siswa. Mata Pelajaran Sastra Indonesia 11 siswa; Mata Pelajaran Antropologi sebanyak 10 siswa; Mata Pelajaran Bahasa Jepang sebanyak 13 siswa. Mata Pelajaran Tafsir sebanyak 5 siswa, Mata Pelajaran Fiqih sebanyak 6 siswa dan Mata Pelajaran Hadits sebanyak 28 siswa.

Selanjutnya, Kamis, 15 Maret 2018 merupakan Simulasi UAMBNBK mata pelajaran Al Qur’an Hadits, Jum’at, 16 Maret 2018 Simulasi UAMBNBK mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Untuk simulasi mata pelajaran Aqidah Akhlaq tidak dapat dilaksanakan karena bertepatan hari libur Nasional.

Untuk mengantisipasi kendala padamnya listrik sehingga  komputer tidak bisa digunakan, Khoironi Hadi menyampaikan pihaknya telah menyediakan Genset dengan kekuatan yang cukup.

Harapannya Simulasi UNBK berjalan lancar tanpa kendala yang berarti karena bila aliran listrik bermasalah sudah tersedia Gensetyang berkekuatan lebih dari cukup untuk mengatasi aliran listrik,” paparnya. (sf/am/bd)