Bupati : Jadilah Panutan, Teladan dan Lentera Dalam Masyarakat

Wonogiri – Kemabruran seorang haji dapat dilihat dari dua dimensi, pertama dimensi hablum minallah dan yang kedua dimensi hablum minannas. Dalam kontek hablum minallah kemabruran seorang haji tercermin dari meningkatnya keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT sekembalinya dari menjalankan ibadah haji ini terutama bisa menjaga sholat dan ibadahnya sehari-hari lainnya artinya meningkat gairah dalam taqorub kerpada Allah SWT.</>

Dalam kontek hablum minannas, tercermin dari semakin meningkatnya kesalehan sosial. Para jemaah haji harus dapat meningkatkan amal nyata yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang ada di sekitarnya serta mampu menjaga lisan.

Demikian sambutan Bupati Wonogiri H. Danar Rahmanto di dampingi Muspida, Sekda, Kepala SKPD se Kabupaten Wonogiri dalam acara penyambutan kedatangan jama’ah haji Kabupaten Wonogiri tahun 1435 H / 2014 M, Senin dini hari 03 Nopember 2014 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri.

Jamaah haji Kabupaten Wonogiri tahun ini tergabung kloter 61 mendarat pukul 21.15 WIB dan sampai di wonogiri Senin dini hari pukul 00.30 WIB dan kloter 62 mendarat pukul 23.00 WIB sampai Pendopo Rumah Dinaas Bupati Wonogiri Pukul 02.00 WIB, jama’ah di sambut langsung Bupati dan Kepala SKPD di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri yang di awali dengan sujud syukur dan upacara penyerahan jama’ah haji kepada keluarga oleh Bupati Wonogiri dan di tutup dengan doa bersama oleh perwakilan jamaah haji.

Bupati menyampaikan kepada jamaah untuk selalu bersyukur walau dengan beragai perasaan baik sedih karena meninggalkan mekkah dan medinnah tetapi juga senang sudah bisa melaksanakan rukun Islam yang kelimna dan sebentar lagi berkumpul dengan keluarga tercinta di rumah “Keberadaan kita di tempat ini ditempuh dengan perjalanan yang cukup panjang, meninggalkan negeri tercinta, sanak saudara, dengan mengorbankan harta, tenaga dan fikiran. Semua itu kita lakukan, tidak lain karena semata-mata dalam rangka memenuhi perintah Allah SWT.

Dalam akhir sambutannya beliau menyampaikan selamat datang kepada seluruh jama’ah haji yang teah tiba kembali di Kab. Wonogiri, semoga dengan ketulusan dan keikhlasan hati para jama’ah dalam melaksanakan ibadah haji mendapatkan predikat haji mabrur dan mabruroh.

Ia menambahkan dengan telah selesainya menunaikan ibadah haji bisa menjadi motivasi para jama’ah dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT serta dapat mengimplementasi nilai religius dan spiritual ibadah haji bisa dimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari baik secara pribadi, keluarga, masyarakat dan bangsanya. “Dengan demikian para jamaah haji akan menjadi panutan dan lentera dalam masyarakat” imbuhnya. (Mursyid-Heri)