MAN 1 Purwokerto Mewisuda 355 Peserta Didik

Banyumas – Di Gedung Aula MAN 1 Purwokerto digelar acara perpisahan untuk kelas 12 pada hari Sabtu (06/05). Acara ini dihadiri oleh Kakankemenag Kabupaten Banyumas, Kepala Madrasah, para guru serta siswa-siswi kelas X, XI dan kelas XII. Tahun ini, sejumlah 355 siswa mengikuti UN dan Alhamdulillah semuanya lulus.

Acara pertama dibuka dengan pertunjukan paduan suara oleh gabungan siswa dari kelas 10 dan 11 yang tampil dihadapan tamu undangan yang memenuhi Aula MAN 1 Purwokerto, kemudian dilanjutkan sambutan oleh Kepala Madrasah, Mohamad Alwi. Dalam sambutannya, Alwi menyampaikan ucapan selamat kepada siswa-siswa yang telah lulus UN dan khususnya lolos seleksi SNMPTN. Menurutnya, ada 9 siswa MAN 1 Purwokerto yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNMPTN.

Selamat bagi para siswa-siswi kelas 12 yang telah lulus dalam UN, dan bagi siswa-siswi yang akan mendaftar SBMPTN semoga juga bisa mengikuti jejak siswa-siswi yang lulus SNMPTN. Kami selalu mendoakan yang terbaik bagi kalian siswa-siswi Kami, harapan Kami setelah kalian lulus nanti dari MAN 1 Purwokerto, jangan pernah melupakan guru-guru yang ada di sini yang telah mendidik kalian selama tiga tahun ini. Semoga nanti kalian bisa sukses dalam menggapai cita-cita yang kalian impikan, ungkapnya.

Sementara itu Kakankemenag Banyumas, Mughni Labib dalam sambutannya berharap mudah-mudahan peserta didik yang baru saja lulus bisa mengamalkan ilmu yang diperoleh dan bisa mengembangkannya serta melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. ilmu-ilmu yang telah diperoleh khususnya di bidang agama harus bisa memotivasi kalian untuk menjadi warga Negara Indonesia yang berkualitas yang memiliki karakater Islam yang rahamatan lil alamin, tambahnya.

Secara rinci, Labib memaparkan karakter yang rahmatan lil alamin sebagai berikut : yang pertama sifat tawassuth atau moderat (tengah-tengah), maksudnya adalah tidak ekstrim kiri maupun ekstrim kanan. Kedua adalah sifat tawazun atau seimbang dalam segala hal, maksudnya seimbang antara hablum minallah dan hablum minannas, juga seimbang dalam ibadah mahdhah dan ghoiru mahdhah. SIfat ketiga adalah Itidal atau lurus, adil, proporsional, maksudnya bisa menempatkan sesuatu pada tempatnya dan bisa menyeimbangkan antara hak dan kewajiban.

Sifat keempat adalah tasamuh atau toleran, maksudnya menghargai perbedaan serta menghormati orang yang memiliki prinsip hidup yang tidak sama. Namun bukan berarti mengakui atau membenarkan keyakinan yang berbeda tersebut dalam meneguhkan apa yang diyakini.(hk/bd)