MAN 1 Rembang Sambut Kedatangan Tim Monev Pusat

MAN 1 Rembang — Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Rembang menerima kunjungan dari tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) dari Kementerian Agama Republik Indonesia (pusat). Kunjungan ini  terkait dengan penerapan elektronik Rencana Kerja Anggaran Madrasah (e-RKAM) di MAN 1 Rembang.

Abdullah Faqih yang menjabat sebagai Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah didampingi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Penmad) Kemenang Rembang Sya’dullah melakukan monitoring implementasi aplikasi e-RKAM.

Abdullah menjelaskan, tujuan kegiatan monitoring adalah memonitor langsung sudah sejauh mana penerapan eR-KAM khususnya di madrasah negeri.

“Kami dari Kemenag pusat terjun langsung untuk melihat sudah sejauh mana penerapan aplikasi e-RKAM dan sudah sesuai atau tidak dengan prosedur yang di syaratkan dalam aplikasi tersebut terkait pencairan dana BOS. Semoga ke depannya aplikasi e-RKAM dan SAKTI bisa saling terintegrasi sehingga mempermudah bendahara BOS dalam LPJ,” tutur Abdullah.

Hal senada juga disampaikan oleh Kasi Penmad Kemenag Rembang Sya’dullah. “Beberapa bulan ini belum sempat lebih jauh mengevaluasi penerapan eRKAM pada madrasah. Namun dengan adanya monev patut disyukuri bahwa kedatangan tim monev dapat menambah pengetahuan dan ilmu tentang eRKAM dan cara kerjanya bagi operator dan bendahara BOS madrasah negeri,” tutut Sya’dullah.

Kepala MAN 1 Rembang, Taufik mengatakan, kedatangan tim monev implementasi e-RKAM sudah sangat dinantikan. “Kami berharap dengan kedatangan tim monev ini dapat menjawab seluk beluk permasalahan e-RKAM yang dialami operator dan bendahara BOS, ” tandas Taufik. – tejo/iq