MAN 2 Banjarnegara Luluskan Seratus Persen Peserta Didiknya Dalam Ujian Madrasah

Banjarnegara – Ujian Madrasah yang diikuti oleh peserta didik kelas XII MAN 2 Banjarnegara akhirnya diumumkan hasilnya pada Senin (3/5) sekitar pukul 17.00 WIB lebih. Dalam pengumuman yang diselenggarakan secara daring melalui aplikasi WhatsApp ini, madrasah meluluskan seratus persen dari jumlah keseluruhan 551 orang peserta Ujian Madrasah.

Kepala MAN 2 Banjarnegara, Ridlo Pramono, dalam sambutan acara Rapat Penegas Kelulusan yang digelar terbatas untuk Guru dan Pegawai Tata Usaha pada Jumat, 30 April 2021 menyampaikan ucapan selamat dan atas lulusnya seluruh kelas XII.

“Alhamdulillah, selamat dan sukses untuk seluruh peserta didik kelas XII. Semoga kelulusan ini bisa menjadi gerbang kesuksesan untuk anak didik kita ke depannya. Mohon berita bahagia ini masih bersifat rahasia hingga nanti diumumkan secara daring setelah tanggal 3 Mei pukul 17.00 WIB, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pasca pengumuman kelulusan, seperti perayaan yang berlebihan pasca kelulusan. Hal ini juga ditujukan untuk menghindari kerumuman karena masih dalam masa pandemi,” jelasnya.

Beliau berharap peserta didik yang sudah lulus dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Selain itu, jika belum mendapat kesempatan untuk studi lanjut dan berencana bekerja maka mereka bisa memanfaatkan skill yang pernah diajarkan selama bersekolah di madrasah.

Pemerintah menghapus Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan tahun 2021 serta mengganti syarat kelulusan peserta didik dengan tiga syarat. Tiga syarat tersebut adalah menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan nilai rapor tiap semester, memperoleh nilai sikap atau perilaku minimal baik, dan mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

“Alhamdulilah peserta didik kita sudah memenuhi semua poin persyaratan untuk kelulusan. Nilai Ujian Madrasah yang kita kombinasikan dengan nilai rapor memenuhi standar yang sudah ditentukan, maka hanya ada satu kata yang sesuai yaitu lulus,” ungkap Natir selaku Wakil Kepala Madrasah Bidang Akademik.

Beliau juga menambahkan bahwa pengumuman kelulusan tersebut diselenggarakan secara daring melalui aplikasi WhatsApp. “Kita pilih media yang sekiranya familier dan terjangkau untuk semua kalangan. Masing-masing Wali Kelas mengirimkan pesan berupa file pdf secara pribadi satu-satu by name sesuai waktu yang ditentukan kemarin. Kita cantumkan juga nilainya di situ,” pungkasnya. (ta/ak)