MAN 2 Karanganyar Gelar Matsama TA 2021-2022 Secara Daring

Karanganyar – MATSAMA (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) Madrasah Aliyah Negeri 2 Karanganyar tahun ini  dilaksanakan pada tanggal 12 – 14 Juli 2021 melalui sistem Daring/Virtual dengan alasan masih mewabahnya pandemi COVID-19 dengan menggunakan media internet yaitu Website sekolah/madrasah, Google Form, Aplikasi Video Conference, Social Media dan youtube.

MATSAMA  serangkaian kegiatan pengenalan lingkungan madrasah kepada siswa baru. Pengenalan itu meliputi kegiatan rutin madrasah, fasilitas, nilai dan norma yang berlaku, pengenalan organisasi, sistem pembelajaran, karakter, budaya serta pengenalan civitas madrasah. Matsama diikuti oleh 249 siswa-siswi baru, dipandu oleh guru sebagai penyelenggara.

Matsama pada tahun ajaran 2021-2022 masih dalam situasi  dari pandemi Covid-19 sehingga pola pelaksanaan matsama pun harus mengalami beberapa penyesuaian sesuai dengan standar protokol kesehatan di madrasah yang sudah ditetapkan pemerintah.

Hari pertama pelaksaaan Matsama berjalan dengan lancar meski kendala masih dihadapkan pada sulitnya peserta untuk mengakses kegiatan karena terbatasnya sinyal maupun kuota yang terbatas. Kegiatan ini juga dibimbing  Guru Pamong dan panitia Matsama yang bertugas dengan baik, semua peserta Matsama mengikuti kegiatan daring sesuai jadwal.

Kepala MAN 2 Karanganyar, Windarti  dalam sambutannya melalui live streaming di acara pembukaan Matsama daring berharap, semoga pelaksanaan Matsama ini berjalan dengan lancar sampai di hari penutup meskipun dalam situasi pandemi covid-19 .Pelaksanaan Matsama hari pertama ini akan dievaluasi untuk hari ke-2 dan ke-3 agar segala kendala di hari pertama pelaksaan dapat diminimalisasikan.

“Semoga melalui kegiatan inilah dapat menjadi  langkah awal dalam menentukan keberhasilan seluruh proses pembelajaran di madrasah tercinta ini bagi seluruh peseta didik baru di MAN 2 Karanganyar”, harapnya.

“Matsama akan diisi dengan kegiatan edukatif, menyenangkan dan tetap menaati peraturan dan norma yang berlaku di madrasah. Walaupun sistem pelaksanaanya secara daring diharapkan siswa siswi tetap bisa mengikuti kegiatan secara maksimal. Karena dengan kegiatan Matsama ini akan melatih kedisiplinan, ketahanan mental, dan tentunya bapak ibu guru penyaji harus menyajikan materi yang mudah difahami oleh peserta didik, bisa dengan disertai video terkait.” Jelas Windarti. Siswa baru juga akan dikenalkan dengan slogan Madrasah yakni Madrasah Hebat Bermartabat.pentingnya pengenalan Matsama untuk peserta didik baru agar bisa beradaptasi dengan lingkungan sekolahnya. Diharapkan siswa baru semakin mengenal dan menyukai madrasah dan semangat belajarnya terdongkrak. (ida/sua)