MAN 2 Kota Semarang Launching Buku Pendidikan Karakter

Semarang – Tujuan pendidikan nasional menekankan pada pembentukan karakter bangsa dalam rangka mencetak generasi yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Seiring dengan tujuan tersebut, madrasah sebagai salah satu pendidikan formal harus turut serta mengembangkan pendidikan karakter bagi peserta didik di madrasah. Dalam upaya itulah MAN 2 Kota Semarang menerbitkan buku Pembentukan Karakter Peserta Didik Tahun Ajaran 2018/ 2019. Buku tersebut di-launching di hadapan guru dan peserta didik Selasa (16/10) oleh Kepala MAN 2 Kota Semarang Syaefudin.

Kepala Madrasah didampingi Waka Kesiswaan Nasron menjelaskan, buku tersebut sebagai tindak lanjut dari e-log book character untuk kelas X yang sudah di-launching sebelumnya.

“Buku ini mengandung maksud menanamkan nilai-nilai luhur warga madrasah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan dan tindakan untuk melakukan nilai-nilai luhur. Buku ini menjadi pedoman dalam menjalankan ibadah mahdhoh dan ghairu mahdhoh dalam kehidupan sehari-hari,” terang Syaefudin.

Syaefudin yang juga ketua KKM Aliyah se-eks Karesidenan Semarang menambahkan, dalam rangka pembentukan karakter diperlukan sebuah proses dari latihan sehari-hari hingga meningkat menjadi sebuah kebiasaan dan akhirnya menjadi karakter.

“Ketika karakter building terbentuk maka perilaku peserta didik akan otomatis bagus. Dimanapun berada, baik di madrasah maupun di lingkungan rumah mereka tinggal,” ujarnya.

Dirinya berharap siswa madrasah yang dipimpinnya melaksanakan ibadah secara sadar baik di lingkungan sekolah, rumah maupun di masyarakat.

“Beribadah harus dibiasakan sejak dini dan harus ikhlas, bukan karena takut atau terpaksa. Bukan karena diperintah oleh guru atau pun orang tua, tetapi beribadah karena merupakan kewajiban dan mengetahui manfaat yang akan diperoleh,”  pungkasnya.

Buku Pembentukan Karakter memuat 12 tema yaitu, Surat Yasin, Surat-Surat Pilihan Dalam al-Qur’an, Doa awal dan akhir KBM, Asmaul Husna, Panduan Sholat Wajib dan Sunah beserta penjelasannya. Usai dilaunching, buku dibagikan secara gratis kepada seluruh peserta didik. (ar-ch/gt)