MAN 2 Rembang Persiapkan Lomba Gudep Mantap Tingkat Jawa Tengah

Rembang – Setelah mengantongi juara Gudep Mantap tingkat Kabupaten Rembang, MAN 2 Rembang akan maju ke tingkat selanjutnya, yaitu lomba Gudep Mantap tingkat Jawa Tengah. Saat ini, Gudep 14049/14050 ambalan “Sudirman/Rokhana Kudus’ tengah mempersiapkan kejuaraan tersebut.

Kepala MAN 2 Rembang, Kasnawi mengatakan, pada April 2021 lalu, Gudep ini telah menjuarai tingkat lomba Kabupaten Rembang untuk kategori penegak. MAN 2 Rembang berhasil menyisihkan puluhan peserta tingkat SMA/SMK/MA se-Kabupaten Rembang.

“April lalu Gudep kami yaitu Gudep 14049/14050 ambalan “Sudirman/Rokhana Kudus’ berhasil meraih juara 1 tingkat Kabupaten Rembang dan akan mewakili Rembang untuk maju tingkat Provinsi Jawa Tengah,” katanya ketika diwawancara Sabtu (29/5/2021).

Pihaknya meminta dukungan kepada segenap keluarga besar Kementerian Agama agar sukses dan mendapatkan hasil yang diharapkan. Ia meminta kepad peserta untuk mempersiapkan lomba dengan sebaik-baiknya. Menurtnya, kecakapan siswa di bidang Pramuka menunjukkan bahwa peserta didik MAN 2 Rembang mampu bersikap mandiri dan berkreasi, sehingga kelak bisa mempersiapkan diri untuk bersosialiasasi di tengah masyarakat.

Pembina Pramuka MAN 2 Rembang, M. Khoirul Anam mengatakan, penilaian lomba Gudep ini meliputi delapan standar. Yaitu Sumber Daya Manusia (SDM), manajemen dan administrasi, dana, sarana dan prasarana, kegiatan, proses, prestasi, kemitraan dan kehumasan.

Saat ini, Gudep MAN 2 Rembang tengah mempersiapkan penyelesaian berkas-berkas terkait dengan delapan standar tersebut. “Kami tengah menyusun portofolio Gudep kami untuk kami ajukan dalam lomba tingkat Jawa Tengah ini,” kata Anam. — iq