MAN Blora, Gelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) TP.2016/2017

Blora – Suasana di MAN Blora hari ini, Senin tanggal 10 April 2017 begitu berbeda dengan pelaksanaan Ujian Nasional tahun lalu. Peserta didik  MAN Blora sudah dikumpulkan di madrasah untuk mendapatkan pengarahan dari kepala Madrasah, namun tidak seluruh peserta didik kelas XII hadir pada pengarahan pagi ini, hanya sejumlah  peserta didik yang terlihat karena Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)  ini dibagi menjadi 3 (tiga ) sesi.

 Jumlah seluruh siswa kelas XII yang mengikuti UNBK tahun ini berjumlah 277 orang, yang terbagi antara lain Sesi 1 berlangsung dari pukul : 07.00 – 09.30, Sesi 2 : pikul 10.30 s.d. 12.30, dan Sesi3 berlangsung  dari pukul 14.00 s.d. 16.00. Jumlah komputer yang dimiliki MAN Blora yaitu 100 buah, terdiri dari 94 komputer utama dan 6 cadangan, 3(tiga) server utama, dan 1 (satu) server cadangan, dengan tehnisi terdiri dari 2 (dua)  orang dan proktorsebanyak 3 (tiga) orang.

Kepala MAN Blora, HM Fatah yakin dengan melaksanakan UNBK ini, madrasah dapat  meningkatkan integritas peserta didik sehingga peserta didik akan berusaha mengerjakan soal dengan sungguh-sungguh dan percaya diri yang tinggi sehingga mereka akan mendapatkan hasil yang dapat mereka pertanggungjawabkan Hasil/nilai yang tinggi itu penting, tetapi yang lebih utama adalah kejujuran.

“Walaupun Ujiaan Nasional tidak dijadikan penentu lulus atau tidak lulus, hasil Ujian Nasional yang tinggi akan menentukan peserta didik untuk masuk ke perguruan tinggi negeri”ujarnya serius.

Manurut Fatah Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test(CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Di kabupaten Blora sendiri MAN Blora yang merupakan madrasah negeri satu-satunya (dibawah naungan Kemenaq) memberanikan diri untuk melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK), yang dari awal persiapan mulai simulasi selalu optimis dan sampe sekarangpun makin optimis untuk meraih kesuksesan UNBK. Meskipun ada sedikit kendala karena keterbatasan komputer yang dimiliki, tetapi berkat usaha Kepala madrasah dan doa segenap warga MAN Blora akhirnya kebutuhan tersebut dapat terpenuhi. “MAN Blora Lebih Baik, Lebih Baik MAN Blora begitu motto kami” ujarnya

Kepala Kankemenag Blora, Nuril Anwar bersama dengan kasi pendidikan Madasah, Drs.H.Parmono melakukan monitoring untuk meninjau pelaksanaan ujian yang berjalan lancar. (ima/bd)