MAN Karanganyar dekati masyarakat dengan olahraga

Karanganyar – Banyak cara yang dapat dilakukan sebuah instansi pendidikan untuk meningkatkan kualitasnya. Beberapa diantaranya adalah dengan mengadakan berbagai kegiatan akademik, olahraga dan kemasyarakatan. Sabtu kemarin, 24-25 Januari 2015 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Karanganyar menjadi center point turnamen bola voli antar SLTP se Kabupaten Karanganyar.

Penyelenggaraan turnamen bola voli antar SLTP ini memperebutkan Piala Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar yang sekaligus memperingati Hari Jadi Ke 37 MAN Karanganyar. Saat menyampaikan laporan kegiatan pada acara pembukaan turnamen bola voli antar SLTP, ketua panitia, Lanjar Utami, mengatakan bahwa tujuan penyelenggaraan ini adalah sebagai tempat silaturahim edukatif antara MAN Karanganyar dengan masyarakat umum.

Lebih lanjut Lanjar mengatakan bahwa tujuan lain dari turnamen ini adalah untuk meningkatkan olahraga bola voli, menjaring pemain terbaik dan ajang promosi Madrasah. Kemudian digunakan untuk menggali kader-kader terbaik Madrasah sebagai data dalam kegiatan AKSIOMA, KSM, Olimpiade, dan ajang edukasi lainnya. Tentunya sebagai partisipasi nyata Madrasah dalam mewujudkan Karanganyar maju dan berbudaya.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono yang menjadi pembina dalam acara pembukaan turnamen ini mengucapkan terimakasih kepada MAN karena turut membantu masyarakat meningkatkan kualitas SDM. Disamping itu, Bupati juga memberikan pujiannya kepada siswa/siswi dan lulusan Madrasah.

“Lulusan Madrasah itu memiliki kesungguhan, daya tahan dan kemandirian yang luar biasa dalam menggapai cita-citanya. Hal ini karena mereka memiliki modal dasar yang baik, ilmu pengetahuan dan kedekatan dengan Tuhan”, terang Bupati.

Lebih lanjut, Bupati yang lulus pada tahun 1984 dari MAN Karanganyar ini mengatakan bahwa belajar agama itu harus menjadi prioritas.

“Ilmu pengetahuan yang lain gampang, tetapi belajar agama, membiasakan pemahaman terhadap agama dibutuhkan keseriusan. Belajar agama ketika kuliah itu jauh lebih sulit daripada sebelum kuliah, oleh karenanya madrasah adalah tempat terbaik untuk menimba agama dan ilmu pengetahuan”, tegasnya.

Juliyatmono pun berjanji akan memberi apresiasi kepada lulusan MAN Karanganyar yang diterima diperguruan tinggi negeri seperti IAIN, UIN, UNS, UGM dan lain sebagainya berupa uang pembinaan sebesar tiga juta rupiah.

Turnamen bola voli antar SLTP se Kabupaten Karanganyar ini diikuti oleh 25 regu yang terdiri dari 14 regu putra dan 11 regu putri. Adapun yang menjadi juara untuk kategori putra adalah SLTPN 1 Kerjo Juara Pertama, SLTPN 5 Karanganyar Juara Kedua, dan SLTPN 1 Tasikmadu Juara Ketiga. Sedangkan juara untuk kategori putri adalah SLTPN 1 Jumantono Juara Pertama, SLTPN 1 Kebakramat Juara Kedua, dan SLTPN 4 Karanganyar Juara Ketiga. (Hadi)