MAN Lasem Ukir Prestasi MTQ Tingkat Jateng dan Lasem Festival

Rembang – MAN Lasem kembali mengukir prestasi. Kali ini di tingkat nasional. Pada perhelatan MTQ tingkat Jawa Tengah, salah satu Madrasah favorit di Rembang ini memboyong juara I pada cabang lomba tilawah SLTA atas nama Abdul Latif Al – Hakim.

Atas prestasi tersebut, Latif siswa kelas XII MIA3 ini mendapatkan penghargaan dari Kepala MAN Lasem, Shofi, berupa bebas SOP enam bulan senilai 600 ribu. “Ini  merupakan prestasi MAN Lasem yang kesekian kali. Kami harap, prestasi akan terus ditingkatkan hingga tingkat nasional. Dan ini agar menjadi contoh bagi siswa lain berlomba-lomba mencetak prestasi,” kata Shofi.

MTQ tersebut diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah pada 15-18 November 2017 di Kota Surakarta.

Selain pada cabang lomba tilawah SLTA, kafilah Kabupaten Rembang juga mendapatkan sejumlah juara yaitu juara II tilawah SLTP atas nama Mahsunatul Afidah, juara III cabang lomba Tahfidz 1 juz atas nama Saniyyatul Mahsunah, dan dua peserta lainnya meraih juara harapan I dan harapan III.

Juara II Lasem Fest

Pada kegiatan yang berdekatan, MAN Lasem juga meraih juara II lomba batik Karnival di perhelatan Lasem Festival yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Rembang pada 15-18 November lalu.

Bupati Rembang H. Abdul Hafidz meminta masyarakat untuk selalu mempromosikan batik Lasem dan juga menumbuhkan kecintaan terhadap batik khas Lasem itu sendiri.

“Kalau kita sudah punya aset batik tulis Lasem maka kita harus mencintainya. Kalau kita sendiri tidak mau memakainya lalu bagaimana orang lain mau memakainya,” imbuh Bupati.

Shofi berharap, MAN Lasem akan terus mengembangkan kreativitas peserta didik di bidang rancangan busana batik Lasem. Salah satunya yaitu aktif mengikuti setiap acara yang mempromosikan batik Lasem. – tim jurnalistik MAN Lasem / ss/bd