MAN Purwodadi Raih Terbaik III dalam PPMN Jateng

Grobogan – Dalam Seleksi Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) III tahun 2017 Tingkat Jawa Tengah, MAN Purwodadi meraih peringkat ketiga setelah MAN 2 Kudus dan MAN 2 Surakarta. MAN Purwodadi mengumpulkan 35 poin, dibawah 37 poin MAN 2 Surakarta dan 41 poin MAN 2 Kudus.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan di bumi perkemahan Candra Birawa Gunungpati Semarang (20-22/04) dikuti oleh 6 madrasah yang mewakili karesidenannya masing-masing. MAN Babakan mewakili karesidenan Tegal, MAN Purwodadi (Semarang), MAN Banyumas (Banyumas), MAN Temanggung (kedu), MAN 2 Kudus (Pati) dan MAN 2 Surakarta mewakili Surakarta.

MAN Purwodadi yang mengirimkan satu sangga putra dan sangga putri yang masing-masing terdiri 8 siswa tersebut memperoleh juara satu pada lomba pionering, pengibaran bendera dan orienting putri, juara dua pada tari kreasi putra, orienting putra, kemudian juara tiga pada story telling dan tari kreasi putri serta lomba yel yel madrasah peroleh juara empat, film pendek dapat juara lima.

Kalahnya MAN Purwodadi kalau dilihat dari rekapitulasi perolehan poin tidak memperoleh poin pada Yel-Yel dan Film Pendek. Dan menurut pengakuan pembina, Yel-yel tidak dipersiapkan karena menurut arahan panitia diganti kewirausahaan, tapi ternyata lomba Yel-yel masih dilaksanakan.

Regu MAN Purwodadi berhak mengikuti seleksi tingkat provinsi setelah menggungguli madrasah lain di eks Karesidenan Semarang.

Melihat hasil yang diperoleh saat disampaikan pada upacara penutupan, Kepala Madrasah Suhamto yang mendampingi sedari awal kegiatan memberikan selamat dan apresiasi kepada anak asuhnya yang telah berjuang dengan gigih, mulai dari latihan setiap hari di madrasah selama hampir dua bulan hingga di Bumi Candra Birawa Semarang. Pada even yang sama dua tahun akan datang, guru matematika ini berharap MAN Purwodadi bisa lebih baik dari sekarang.

“Ini (peringkat 3) pencapaian yang baik, kita sudah maksimal dalam mempersiapkan. Selamat kepada anak-anak, para pembina dan pelatih, ke depan mudah-mudahan lebih baik dari sekarang,” harap Suhamto.

Suhamto juga menyampaikan terima kasih kepada peserta, pelatih, pembina serta keluarga besar MAN Purwodadi telah mendukung dan mendo’akan. ‘’Terima kasih kepada keluarga besar MAN Purwodadi yang telah menukung dan mendoakan tim ini,’’ katanya.

Dengan raihan peringkat tiga ini, MAN Purwodadi belum berkesempatan untuk melaju di tingkat nasional yang diselenggarakan di Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Bangka Belitung 14–20 Mei 2017 mendatang. (mh-pr/gt)