MAN Purworejo Meriahkan Upacara Bendera HUT ke-71 Kemerdekaan RI

Semarang – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Melaksanakan upacara, Peringatan Haru Ulang Tahun ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia dilaksanakan di Halaman Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Rabu (17/08).  Upacara diikuti oleh semua Aparat Sipil Negara (ASN) Kanwil Kemenag, Pramubakti, Satpam dan tamu undangan.

Bertindak sebagai Pembina Upacara Kepala Bagian Tata Andewi Susetyo, dalam amanatnya Ia membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah dalam peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia.

“Telah lebih dari 7 (tujuh) dasawarsa bangsa ini menghirup kebebasan, berdiri diatas kaki sendiri, diatas tanah tumpah darah dengan kedaulatan penuh, lepas dari segala bentuk  cengkeraman  penjajahan,” tutur Andewi saat membacakan nsakah sambutan Gubernur Jateng.

Dalam mengisi kemerdekaan merupakan hal yang sangat penting sebab kita adalah pewaris sah  dari anak-anak negeri  untuk memberikan arti  dan mengisi kemerdekaan  dengan  peran dan tanggung jawab masing-masing.

“Namun kita bersama ada di rumah besar yaitu Indonesia. Maka tak ada satupun  diantara kita yang merasa bisa, namun kita harus bisa merasa sebagai bagian  dari anak-anak bangsa dan semangat gotong royong membangun  jati dirinya di tengah tamansarinya pergaulan antar bangsa,” ucapnya.

“Kita juga harus terus mendorong inovasi dalam membuka akses keterbukaan informasi serta transparansi melalui kanal-kanal  informasi dan komunikasi baik lewat sms, call centre, complain handling hingga media sosial,” lanjutnya.

Karena keterbukaan bukannya ketelanjangan. Kita melayani sekaligus mengedukasi masyarakat bahwa mengurus negara  berdasarkan norma dan aturan yang telah ditetapkan.

Sebagai petugas upacara dalam memperingati HUT Proklamasi ke-71 adalah  siswa dari MAN Kabupaten Purworejo terdiri dari Pinanggi Dwi Lestari Protokol, Ringgo Ismoyo sebagai Pemimpin Upacara, Pemimpin pleton terdiri dari Bagus Rizki setyo Wibowo, Taufiq Hidayat, Bayu Putro KristiyantoM Iqbal, Nur Anisa Mulyani pembaca UUD 45, Adif Hiqma Cahyani pembaca pesan pahlawan, sedangkan Pasukan Paskibra Athala Justicia Amanda, Qattrun Nada Putri A, Fatmaning Tyas, Nafi Mas’adah, Yulifah, Faishol Mathofani Firmansah, Nadia Fadillaturohmah, Vega Lintang Azzahra, Restu Muhammad Hisyam, Adella Ambarwati, Vivi Miati PutriRizki Eka Endarwati, Dava Wisnu A, Taril Arifin, Lusi Noviana, Penta Dwiki Wijaya, Davit Gustavian, Rian Agil Asmaraman.

Setelah selesai Upacara para petugas merasa lega dan bangga dapat melaksanakan tugas dengan baik dan dapat apresiasi oleh pembina Upacara. (bd/gt)