Tim Animasi MAN Purworejo

MAN Purworejo Sabet Juara III IASMC

Purworejo – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purworejo melalui tim animasinya berhasil menyabet juara III di ajang Kompetisi Film Pendek Animasi Islam (Islamic Animated Short Movie Competition – IASMC) Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf (Penaisdayazawa) Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah. Pengumuman kejuaraan dilaksanakan setelah kegiatan penjurian pada tanggal 3 hingga 4 Agustus 2021 di Hotel Grand Candi Jalan Sisingamangaraja Semarang.

Tim yang dinakhodai oleh Muhammad Rosyid Sulaiman tersebut menampilkan animasi dengan judul Manimation Wanita dan Cincin. “Alhamdulillah Tim Animasi MAN Purworejo meraih gelar juara III di ajang IASMC tahun 2021. Hasil ini merupakan buah kerja keras dari tim yang luar biasa dan kompak,” kata Sirojul Munir selaku guru pembimbing.

Khoirul Umam, kepala MAN Purworejo, turut memberikan komentar atas raihan anak didiknya. “Lomba semacam itu sangat bagus untuk syiar Islam, sekaligus bertujuan untuk mengembangkan, melestarikan, dan menggali potensi siswa dalam berkreasi dengan memanfaatkan teknologi terkini. Hal itu juga tepat untuk melestarikan seni dan budaya serta menjaga kearifan lokal yang bernuansa islami serta meningkatkan rasa cinta dan bangga generasi muda terhadap seni budaya Islam. Itu sangat selaras dengan visi dan misi madrasah yakni membentuk generasi yang unggul prestasi, luhur pekerti dan peduli lingkungan” tuturnya bangga.

Kompetisi Film Pendek Islami diselenggarakan tiap tahun oleh Kemenag. Sebagai tim terbaik pada ajang tingkat Provinsi Jawa Tengah diraih oleh Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, sementara MAN 1 Klaten berada di tempat kedua. Adapun tim MAN Purworejo sebagai juara III berhak mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan senilai tiga juta rupiah. (sgy/bd)