Donasi Edukasi untuk Mencegah KLB di Lingkungan Ponpes

Purworejo – Pada hari Selasa, tanggal 10 Oktober 2018, pukul 14.30 s.d 15.45 WIB, bertempat di Pondok Pesantren Salaf Asrama Pendidikan Islam (PPS API) Karang Mulyo, Desa Winong, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo, dilaksanakan acara Pendidikan Kesehatan Terintegrasi dan Donasi Edukasi yang diselenggarakan oleh UPT Puskesmas Winong.

Hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo, Drs. H. Bambang Sucipto, M.Pd.I., Camat Kemiri, Fatkur Rohman, S.Sos, M.AP., jajaran Polsek Kemiri, Koramil 08/Kemiri, Kepala KUA Kemiri, Dinkes Kabupaten Purworejo, Kepala UPT Puskesmas Winong, Tim dari Persada Unilever DIY.

Acara ini merupakan tindak lanjut dari adanya Kejadian Luar Biasa (KLB) hepatitis A dan B di ponpes tersebut. Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) diberikan oleh Kepala UPT Puskesmas Winong, drg. Susi Ariyanti, kepada santri ponpes yang berjumlah sekitar seratus orang agar dapat terentas dari hepatitis dan terhindar dari penyakit menular lain.

Ketika ditanya pendapatnya mengenai kegiatan tersebut, Bambang Sucipto menyampaikan, “Kegiatan ini sangat layak untuk dipertahankan. Ada kolaborasi antara Puskesmas dengan Kemenag bahu-membahu dalam menjaga lingkungan ponpes untuk tetap kondusif. Santri sehat dan produktif. Itu bagus,” jelasnya.

Di akhir acara, PT. Persada Unilever menyerahkan bantuan kepada ponpes melalui Pengasuh Ponpes, KH. Nasikhin Chamid.(sgy/sua)