MAN Temanggung Berbagi untuk Korban Bencana Sentani dan Lombok

Temanggung – Dalam sepekan telah terjadi beberapa bencana yaitu gempa bumi di Lombok dan banjir bandang di Sentani. Musibah tersebut telah menggugah rasa peduli segenap masyarakat, seperti civitas akademika MAN Temanggung yang memberikan bantuan berupa bantuan dana yang dihimpun dari guru, siswa, dan pegawai.

Pada kesempatan itu Kepala MAN Temanggung yang diwakili oleh Abu Yazid mengatakan, berbagai macam bencana yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini mengundang keprihatinan dan kepedulian siswa-siswi MAN Temanggung. MAN Temanggung melalui OSIS turut serta menyalurkan bantuan yang didistribusikan melalui Kantor BPBD Kabupaten Temanggung. Jumat (29/03).

“Penggalangan dana ini sebagai wujud kepedulian siswa-siswi MAN Temanggung, kami ikut merasakan apa yang dirasakan oleh saudara-saudara kami di Sentani dan Lombok, dengan terus mendoakan agar semua korban bencana tetap kuat, sabar dan ikhlas menerima cobaan dan tetap semangat “ ungkap Yazid.

Yazid mengungkapkan, melalui kegiatan ini hendaknya kita semua mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran, terutama nilai-nilai kemanusiaan. “Pada dasarnya kita ini sama, karena itu kita harus saling membantu dan menolong,” ungkapnya.

Dirinya mencontohkan kepada para siswa-siswi untuk terus melestarikan sifat kedermawanannya sebagaimana dicontohkan oleh sahabat Nabi yaitu Utsman Bin Affan. Beliau Utsman Bin Affan membeli sumur yang jernih airnya dari seorang Yahudi seharga 200.000 dirham yang kira-kira sama dengan dua setengah kg emas pada waktu itu.

Sumur itu beliau wakafkan untuk kepentingan rakyat umum. Hal ini bisa menjadi inspirasi bagi siswa-siswi MAN Temanggung untuk lebih meningkatkan infaq pada hari Jum’at yang diwadahi dalam gerakan Jumat Ikhlas yang sudah digerakkan di MAN Temanggung sejak tahun 2000.

Dana bantuan yang sudah terkumpul sebesar Rp 2.500.000,-, selanjutnya disalurkan melalui Kantor BPBD Kabupaten Temanggung, diwakili oleh anak-anak OSIS yang dikomandani oleh Muslih. Kepada BPBD Kabupaten Temanggung Muslih berpesan agar bantuan segera disalurkan dalam rangka membantu korban bencana di Sentani dan Lombok.

“Agar bantuan benar-benar sampai kepada yang berhak menerima, kami menyalurkan dana bantuan yang telah kami kumpulkan melalui Kantor BPBD Kabupaten Temanggung,” ungkap Muslich. (em/gt)