Manasik Haji Tingkat Kabupaten Banjarnegara Diikuti 765 Calhaj

Banjarnegara – Bulan Juli 2018, sesuai regulasi terdapat agenda pemberangkatan calon Jemaah Haji ke Tanah suci. Hal ini diikuti dengan kegiatan persiapan, dan untuk jemaah haji kegiatan menasik haji wajib dilaksanakan guna bekal pengetahuan dan ilmu bagi calon jemaah haji Indonesia tidak terkecuali calon jemaah haji (calhaj) Banjarnegara.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara mencatat 765 calon jemaah haji sudah melunasi dan siap berangkat. Kegiatan bimbingan manasik haji tingkat kabupaten dibuka hari rabu ini (11/07) di Ballroom Surya Yudha Sport Center Hotel Surya Yudha dan dilaksanakan selama 2 hari (11-12/07). Dalam laporannya, Kepala Kantor Banjarnegara, H. Masdiro menyampaikan bahwa manasik kabupaten dilaksanakan selama 2 kali/ hari dan selanjutnya akan dilaksanakan di tingkat kecamatan sebanyak 6 kali.

“Diharapkan semua peserta bisa hadir karena kegiatan penting sebagai dan perlu niat yang baik. Tidak terkecuali para petugas haji yang diberi amanah untuk mendampingi. Semoga niat baik tersebut diterima sebagai amal ibadah dan amal sholeh,” ucap Masdiro dan diamini seluruh peserta.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono dan dihadiri Kepala Kepala Kankemenag Banjarnegara beserta jajarannya, Forkompinda, BPIH, Kepala KUA kecamatan, Ormas Islam, KBIH dan para calon jamaah haji.

“Mengucapkan selamat bagi yang akan berangkat ke tanah suci, harus bersyukur bisa memperoleh kesempatan ibadah haji, diharapkan mempersiapkan fisik, psikis, dan pengetahuan tentang ibadah haji, salah satunya dengan manasik haji yang di gelar oleh Kementerian Agama,” ucap Budhi.

Melalui manasik bekal ke tanah suci akan lebih siap dan mantap, untuk itu diharapkan bisa diikuti dengan benar dan baik. “Calon Jamaah Haji juga perlu meluruskan niat hanya mengharap Ridho Alloh SWT. Menjaga agar tidak sombong, melakukan pertengkaran dan hal-hal lain akan merusak ibadah di sana mulai dari sekarang,” pesan Budhi Sarwono.

“Tidak lupa mendokaan masyarakat Banjarnegara agar dijauhkan dari bencana dan kecupupan sandah, pangan, dan papan, Dan semoga calon haji Banjarnegara bisa mendapatkan haji yang mabrur,” lanjutnya.

Materi hari pertama disampaikan oleh 2 pemateri yakni Kebijakan Penyelenggaraan Haji Tahun 1439 H /2018, maka disampaikan H. Ahmadi oleh dari Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah dan Informasi Kesehatan Ibadah Haji oleh Dr. Ahmadi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara.

Adapun calhaj dari Banjarnegara akan berada di kloter 86,87 dan 88 yang sesuai informasi akan diberangkatnya pada tanggal 11-12 Agustus 2018. Adapun petugas haji seperti TKHD, TKHI, TPHI dan TPIHI tampil di panggung untuk dikenalkan kepada calhaj yang hadir. (Nangim/sua)