MANU Lasem targetkan nilai maksimal dalam Ujian Nasional

Rembang – Meraih nilai maksimal menjadi harapan siswa madrasah kelas IX dalam Ujian Nasional tahun ini. Dengan nilai maksimal itu, diharapkan siswa kelas XII MANU Lasem dapat lulus 100 persen.

Kepala MANU Lasem Saidah mengatakan, pihaknya mendorong siswa-siswi kelas XII untuk mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional. “Tahun ini kami sudah akan menggelar UN Berbasis Komputer, sesuai yang telah disepakati KKM MA Kabupaten Rembang,” kata Saidah ketika diwawanncara Minggu (10/03).

Untuk menyukseskan UNBK ini, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya untuk meraih target nilai. Seperti melaksanakan jam pelajaran tambahan dan bimbingan intensif guru dalam persiapan UMBNBK, USBNBk dan UNBK.

“Untuk SDM, kami sudah menyiapkan teknisi dan proktor. Sementara untuk pelajar, kami sudah mengadakan les-les tambahan mapel UNBK,” ujar Saidah.

Selain persiapan fisik, pihaknya juga mendorong siswa-siswi MANU Lasem secara spriritual. “Secara mental, kami dorong seluruh siswa kelas XII untuk selalu berdoa semoga diberi kelancaran dalam mengerjakan berbagai macam ujian akhir,” kata Saidah.

Untuk menyiapkan mental tersebut, MANU Lasem menggelar istighosah  (doa bersama) pada Minggu (10/3/2019) di musala madrasah. Istighosah ini dipimpin oleh KH Imam Shofwan. Saidah mengatakan, istighosah merupakan cara efektif berda kepada Allah SWT agar seluruh siswa kelas XII diberikan petunjuk dalam mengerjakan ujian.

KH Imam Shofwan memimpin doa secara khusyuk. Dia berujar, selain berdoa, siswa juga harus berusaha belajar dengan sungguh-sungguh.”Itulah yang dinamaka tawakkal. Jadi jangan hanya belajar tapi tidak berdoa, atau sebaliknya,” ujarnya.

Berdasarkan Surat Edaran POS UN tentang pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) untuk jenjang  SMA/MA/SMAK/SMTK dilaksanakan pada tanggal 9 April 2018. (dwi-iq/gt)