Masmin Ajak Guru Tingkatkan Kinerja

Kebumen-Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen Masmin Afif mengajak para guru untuk meningkatkan kinerja mereka dengan menerapkan lima nilai budaya kerja Kementerian Agama. Hal ini disampaikan dihadapan 105 guru dan pengawas PAI pada kegiatan Rakor PAIS yang bertempat di Aula Kankemenag, Selasa (07/02).

Dia mengatakan lima nilai budaya kerja ini merupakan ruh Kementerian Agama yang harus diterapkan oleh setiap Pegawai Kementerian Agama, harapannya bisa memotivasi mereka untuk bekerja lebih baik lagi. “Tanpa ruh kita tidak bisa berbuat apa-apa,” ucapnya.

Terkait dengan hal tersebut, Kepala Kantor juga menyinggung tentang kesejahteraan guru dan pengawas yang sekarang ini sudah jauh lebih baik. “Dengan ditambahkannya kesejahteraan melalui tunjangan sertifikasi, kami berharap agar kinerja guru dan pengawas juga semakin meningkat,” paparnya.

Namun berbanding terbalik dengan kesejahteraan guru PAI, Masmin merasa prihatin dengan kurangnya tenaga pengajar GPAI. Karena hal ini akan berimbas kepada kurangnya Pendidikan Agama Islam di sekolah-sekolah. Dan pada akhirnya, pembentukkan mental spiritual bagi siswa yang merupakan dasar bagi pembangunan bangsa menjadi terkendala.

Poin Penting Rakor

Beberapa poin penting hasil Rakor disampaikan oleh Kasi PAIS Suwaibatul Aslamiyah, diantaranya tentang pelaksanaan USBN 2017 yang akan dijadwalkan pada bulan Mei. Dia berharap seluruh panitia atau guru yang terkait segera mempersiapkannya.

Kasi PAIS juga menyampaikan terkait pencairan TPG bagi guru dan pengawas PAI, mulai tahun 2017 akan dilaksanakan setiap tiga bulan sekali. “Dengan menyetorkan daftar hadir dan KBM,” katanya.

Menutup rangkaian kegiatan, Kasi PAIS menyampaikan hal yang berhubungan permasalahan GPAI atau kurang sepaham masalah kedinasan, segera dikoordinasikan. “Jika masih ada kendala terkait dengan kedinasan, segera dikoordinasikan dengan seksi PAIS Kankemenag Kabupaten Kebumen,” tegasnya kepada seluruh peserta.(bgkt/Af)