Matsama hari kedua MAN 1 Tegal

Tegal (Slawi) – Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) hari kedua (17/7) di MAN 1 Tegal diawali dengan apel pagi pukul 07.00 WIB di lapangan MAN 1 Tegal. Apel pagi ini diikuti oleh semua peserta didik baru kelas X dan panitia OSIS kelas XI dan XII. Selaku pembina apel adalah Waka Kesiswaan, M. Hamzah. Dalam amanatnya M. Hamzah (17/7) mengatakan bahwa “untuk kebiasaan-kebiasaan yang buruk pada saat di MTs/SMP harus dibuang karena kalian sudah masuk ke tingkat yang lebih tinggi. Harapan kami dari pihak MAN 1 Tegal mampu mendidik kalian sebagai insan-insan yang berkualitas, berprestasi dan berakhlaqul karimah, kita bias berkompetisi dengan sekolah/madrasah lain se kabupaten Tegal ataupun se-Indonesia”

Beliau juga menyinggung dengan tata tertib yang harus dipatuhi oleh semua peserta didik. “Andaikata kalian yang sudah terseleksi masuk ke MAN 1 Tegal kemudian kalian tidak mampu untuk mematuhi aturan/tata tertib di MAN 1 Tegal ya silahkan monggo kalian bisa mengundurkan diri ataupun angkat koper dari sini, sekali lagi saya sampaikan bahwa peraturan yang ada di sini harus ditaati tidak ada tawar menawar.”, kata beliau diakhir amanatnya.

Setelah melaksanakan apel pagi, peserta didik kelas X masuk ke kelas masing-masing untuk menerima penjelasan tentang tata tertib MAN 1 Tegal yang disampaikan oleh Panitia Pengurus OSIS MAN 1 Tegal.

Kegiatan matsama selanjutnya bertempat di Gedung Serba Guna An-Nur MAN 1 Tegal dengan materi Pengembangan Karakter Pribadi Masyarakat, Bangsa dan Negara dari Binmas Polres Tegal, Sutomo.

Setelah materi Pengembangan Karakter Pribadi Masyarakat, Bangsa dan Negara dilanjutkan dari Koramil Lebaksiu, Muslikhudin, dengan materi Pentingnya Kedisiplinan di Gedung Serba Guna An-Nur MAN 1 Tegal. Beliau menerangkan (17/7) bahwa “disiplin merupakan suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dan serangkain perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan dan ketertiban. Disiplin siswa merupakan kepatuhan dan ketaatan siswa terhadap berbagai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.”

Materi selanjutnya adalah Pengenalan Program Keterampilan yang diisi oleh Guru Keterampilan sekaligus Waka Sarana dan Prasarana, Imam Syafi’i, bertempat di Gedung Serba Guna An Nur MAN 1 Tegal, beliau menerangkan bahwa “program keterampilan di MAN 1 Tegal terdiri dari keterampilan elektro, keterampilan otomotif, keterampilan tata busana dan keterampilan tata boga, bahkan rencananya kami akan membuat jurusan teknik komputer dan jaringan (TKJ), peserta didik yang masuk program keterampilan ini dilaksanakan sifatnya full day school dari jam 07.00 sampai jam 17.00, makanya jadi anda yang masuk program ini anda diuntungkan banyak sekali salah satunya bayar SPP nya hanya sekali tetapi anda dapat dua sekolah sekaligus”.

Kegiatan Matsama MAN 1 Tegal hari kedua ini ditutup dengan sholat dhuhur berjamah di lapangan indoor MAN 1 Tegal. (sochud/rw/nz)