Matsama MTsN Surakarta 1 Gunakan Zoom Cloud Meeting

Surakarta- MTsN Surakarta 1 menggelar Masa Taa’ruf Siswa Madrasah (Matsama) pada Senin-Rabu (12-14/07/2021). Matsama dilaksanakan secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting. Matsama ini dilaksanakan secara daring karena saat ini masih dalam kondisi pandemi. Apalagi saat ini sedang berlangsung Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat untuk daerah Jawa-Bali pada (03-20/07/2021).

Kegiatan Matsama hari pertama berjalan lancar diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 dari Pogram Sains Asrama (SA), Sains Non Asrama (SNA), Tahfidzul Quran (TQ) dan Reguler meskipun ada bebearpa yang terlambat karena koneksi internet dari tempat tinggal mereka yang kurang baik. “Silahkan join di link https://matsama.mtsn1surakarta.sch.id/. Kalau di link tersebut belum bisa bergabung ke link yang lain dan sudah disampaikan di grup kelas masing-masing, “jelas Heri Wibowo. Tim IT bidang kurikulum. “Bapak ibu guru wali kelas 7 dimohon untuk megingatkan siswanya untuk absensi dengan link https://bit.ly/dhmatsama3 ,  tambahnya.  Heri Wibowo juga menyampaikan bahwa kegiatan Matsama dari hari pertama sampai hari terakhir berjalan lancar tidak ada kendala yang berarti karena adanya kerjasama panitia Matsama yang baik.

Kegiatan Matsama hari pertama dibuka oleh Kepala MTsN Surakarta 1, Kirno Suwanto dilanjutkan dengan  materi tentang sejarah dan struktur pendidik dan tenaga kependidikan. “Saya minta anak-anak kelas 7 semua program untuk mengikuti Matsama dengan baik, tertib dan disiplin meskipun secara daring .Saat ini tahun ajaran baru, waktu kalian untuk kembali ke bersekolah. Awali semua yang baru dengan kebaikan, ketertiban, dan kediplinan dan buatlah perubahan, “papar Kirno Suwanto, Kepala MTsN Surakarta1 di sela-sela mengisi materi. Materi hari pertama ditutup dengan menyanyikan lagu Mars MTsN Surakarta 1.

“Meskipun kita masih bertemu secara virtual tetapi saya berharap anak-anak sebagai anggota baru keluarga besar MTsN Surakarta 1 menaati tata tertib yang sudah saya sampaikan tadi, “pesan Edi Hartanto, Waka Kesiswaan. Dalam materinya Edi menyampaikan organisasi kesiswaan, pemaparan prestasi, dan alumni madrasah. “Tahun ini tahun yang luar biasa bagi MTsN Surakarta, MTsN Surakarta 1 berhasil mendapat penghargaan peringkat 7 nasinal sebagai madrasah terbaik versi Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB)  tahun 2021. Semoga dengan bergabungnya siswa baru tahun pelajaran ini akan membawa MTsN Surakarta 1mencapai prestasi yang lebih baik lagi, “harap Edi. Materi hari kedua sesi dua dilanjutkan materi moderasi beragama oleh Budi Santosa, Waka Humas.

Matsama hari terakhir diisi oleh Joko Sutopo, Waka Kesiswaan dengan materi model pembelajaran daring dan visi misi madrasah. Materi sarana dan prasarana serta pengenelan lingkungan madrasah oleh Koncoro, Waka Sarpras. Seluruh rangkaian kegiatan Matsama ditutup oleh Kepala Madrasah. (Diana/Asih/bd)