Maulid Nabi, MI An-Nashriyyah Gelar Karnaval Dan Khitan Massal

Rembang – Memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw, MI An-Nashriyyah, Lasem menggelar serangkaian acara pada Jum’at (1/12). Beberapa acara yang digelar yaitu pengajian umum, khotmil qur’an bin nadzor, karnaval dan khitan massal.

Pengajian umum bagi putra dan khitanan massal diselenggarakan pada Sabtu pagi, sekitar pukul 08.30 – 10.30 WIB. Sebelumnya juga dilaksanakan khatmil Qur’an binnadzor oleh siswa siswi madrasah An Nashriyah pukul 06.00-07-00 WIB.

Khitanan massal ini diadakan bekerjasama dengan Jam’iyyah Thoyyibah Desa Ngemplak, Kecamatan Lasem. Kepala MI An-Nashriyyah, Zaenal Muttaqin mengatakan, khitanan massal ini merupakan tradisi tahunan yang diadakan pada setiap peringatan maulid Nabi. “Kerjasama ini sudah dimulai sebelum tahun 1965,” ungkap Zaenal.

Antusias masyarakat terhadap khitan massal ini cukup tinggi. Terbukti tahun ini, khitanan massal MI An-Anshriyyah diikuti oleh 28 anak yang sebagian besar merupakan warga sekitar yang menimbu ilmu di MI yang sudah terkenal sejak tahun 1950 ini.

Zaenal mengatakan, setiap anak yang dikhitan mendapatkan bantuan pakaian lengkap, uang saku, beras, Al Qur’an dan bingkisan lain. Selain itu juga mendapat perawatan pasca khitan.

Adapun karnaval dilaksanakan pag hari sebelumnya, yaitu pukul 07.30-08.30 WIB. Karnaval ini diikuti oleh 671 siswa MI An-Nashriyyah dan madrasah diniyyah An-Nashriyyah, didampingi oleh segenap guru, ustadz ustadzah, karyawan karyawati, dan anggota jamiyyah Thoyyibah Desa Ngemplak. Adapun peserta khitan massal diarak dalam karnaval ini.

Karnaval dimeriahkan oleh dua tim drum band MI. An Nashriyah (tim drum band yunior dan senior). Sepanjang jalan yang dilewati karnaval ini dipenuhi oleh penduduk sekitar untuk melihat penampilan drumband dan peserta karnaval dalam rangka memeriahkan Maulid Nabi Muhammad Saw ini. – zn/ss/bd