Kepala Kemenag Pati Kunjungi Toga/Toma

Ciptakan Sinergitas Umaro dan Ulama, Kepala Kemenag Pati Kunjungi Toga/Toma

Pati – Di sela sela kesibukannya sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, Ali Arifin melakukan kunjungan Silaturahim (sowan) ke tokoh agama (Toga)/tokoh masyarakat (Toma) /ulama di Pati pada Senin siang (6/9/2021). 

Dalam kesempatan itu, Kepala Kantor didampingi oleh Plt. Kasi PD Pontren Moh Djuned Widodo dan juga Ketua Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kabupaten Pati yang juga Ketua Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Kabupaten Pati KH. M. Liwa’uddin serta staf Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati. Kunjungan ini merupakan bentuk koordinasi dan konsolidasi dalam rangka menciptakan sinergitas Umaro dan Ulama untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat secara umum dan lebih khusus lagi kepada masyarakat pesantren.

Giat ini diawali dengan kunjungan ke KH. Abdul Mujib (Gus Mujib) pengasuh PP Al Hikmah selaku tokoh masyarakat dan pesantren di daerah Kajen, Margoyoso, Pati. Pada kesempatan itu, Kepala Kantor mendengar berbagai permasalahan dan saran tentang kepesantrenan terkini.

Selain itu, pesantren khususnya di wilayah Kajen juga siap mendukung kebijakan Kementerian Agama dalam penataan dan pengelolaan pesantren. Hampir separo dari jumlah pesantren di Kabupaten Pati berada di wilayah Kecamatan Margoyoso dan lebih khusus lagi terpusat di Desa Kajen. Oleh karenanya, sangat wajar jika indikator keberhasilan pengelolaan pesantren di Kabupaten Pati bisa dilihat dari keberhasilan pengelolaan pesantren di daerah Kajen, Margoyoso.

Kegiatan sowan berikutnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati diterima KH. Abdul Ghofarrozin (Gus Rozin) pengasuh PP Maslakul Huda yang juga merupakan Ketua Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Pusat. Dalam kesempatan ini, Gus Rozin menyampaikan perlunya koordinasi antara Kementerian Agama dan pihak pesantren dalam menentukan langkah implementasi kebijakan kepesantrenan dan isu terkini tentang perkembangan pesantren di Indonesia.

Sebagai penutup acara kunjungan, Rombongan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati sowan ke KH. Aniq Muhammadun pengasuh PP Mamba’ul Ulum, Pakis, Tayu, Pati yang juga Rois Syuriah NU Cabang Pati.

Saat dikonfirmasi, Kepala Kantor merasa sangat tersanjung atas penerimaan para tokoh yang ditemui.

“Sejak awal bertugas di Pati saya sudah kepingin sowan kiai-kiai di Pati. Alhamdulillah hari ini, Senin (6/9) terealisir. Kegiatan ini menurut saya penting dilakukan untuk menciptakan  sinergi Umaro dan Ulama, sehingga pemerintah melalui Kementerian Agama bisa lebih tepat memberikan pelayanan kepada masyarakat pesantren dengan pendekatan-pendekatan yang sesuai kultur pesantren,” tutur Ali Arifin. 

“Penerimaan para Kiai juga menyejukkan hati. Rasanya tenang bisa dekat dan silaturahim dengan kiai-kiai. Dan yang paling penting, minta doa restu untuk menjalankan amanah di Kantor Kemenag Kabupaten Pati,” pungkasnya. (zk/at)