Mbah Waginah Senang, Rumahnya Bakal Dibangun

Pati – Bupati Pati Haryanto bersama Baznas Kabupaten Pati, melakukan kegiatan bedah rumah tak layak huni milik Mbah Waginah di Dukuh Trowu Desa Tompomulyo Kecamatan Batangan Kabupaten Pati. Senin (23/7/2018)

Bupati Pati Haryanto dalam sambutannya sangat menyambut baik program bedah rumah Baznas ini. Bupati berpesan pada warga untuk turut bergotong-royong dalam pembangunan bedah rumah ini, guna meringankan beban ibu Waginah”, ujar Haryanto.

Senada dengan Bupati, Imam Zarkasi selaku Ketua Baznas Kabupaten Pati juga berharap agar proses bedah rumah ini dapat diawasi. “Syukur-syukur masyarakat sekitar juga secara swadaya ikut membantu”, lanjutnya.

Hal itu perlu dilakukan, lantaran bantuan untuk bedah rumah ini nilainya hanya sebesar Rp 20 juta. “Diambilkan dari dana Baznas Kabupaten Pati yang salah satu sumber dananya adalah dari zakat atau infaq para ASN se-Kabupaten Pati”, imbuhnya.

Sementara itu, Waginah saat ditemui awak media mengaku senang karena selama ini rumah yang dihuni hanya dari bambu, itu pun hampir rubuh. Dan tak lupa, mbah Waginah juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Haryanto dan Baznas Kab. Pati, sehingga bedah rumah ini dapat terlaksana.

Bupati pun lantas berharap agar infaq dan zakat yang diambilkan dari Tambahkan Penghasilan Pegawai (TTP) ASN sebesar 2,5 persen dan dari gaji ASN yang bervariatif, diharapkan dapat menjadikan rizki para ASN di Kabupaten Pati menjadi semakin berkah.

Diakui Bupati, bantuan bedah rumah dari Baznas Kabupaten Pati ini, sekaligus untuk menambah penerima bantuan yang belum terakomodir dalam APBD Pemkab Pati maupun bantuan dari Pemprov Jateng. “Sudah banyak yang kita salurkan, ada di desa Tambakromo, desa Godo, Margorejo, puncel dan lainnya,” pungkas Bupati. (pn/Am/bd)