Membekali Ilmu Dan Menyiapkan Mental Kapada Calon Pengantin

Kota Magelang – Untuk mewujudkan Keluarga yang kokoh dan tangguh memerlukan ikhtiar yang sungguh sungguh terutama bagi pasangan yang akan menempuh mahligai rumah tangga. Bimbingan Pranikah yang dilaksanakan disetiap KUA untuk calon pasangan mempelai sebelum mereka melangsungkan akad nikah merupkan salah satu upaya Kementerian Agama mewujudkan keluarga sakinah mawaddah warohmah.

Pembinaan pranikah sebelum calon pengantin (Catin) melangsungkan prosesi akad pernikahan bertujuan untuk  memberikan ilmu dan kesiapan mental bagi calon mempelai agar mereka benar-benar siap menjalani kehidupan barunya.  Dalam bimbingan pranikah dismpaikan maeri-materi seperti: cara mewujudkan keluarga bahagia, membangun kesadaran bersama, mewujudkan keluarga yang sehat dan berkualitas, mengatasi berbagai macam konflik keluarga, memperkokoh komitmen dan membekali diri dengan berbagai keterampilan hidup untuk menghadapi berbagai tantangan kehidupan yang semakin berat.

Dalam bimbingan pranikah Catin Kapala KUA Kecamatan Magelang Tengah Taufiq Nur Hidayah mengatakan “Tidak saja hanya sekedar melaksanakan pencatatan atau administrasi akad nikah saja, disetiap KUA Kecamatan pasti melakukan bimbingan kapada calon pasangan mempelai yang akan melangsungkan pernikahan. Hal ini dimaksudkan agar kalian semua memiliki bekal ilmu yang cukup dan menyiapkan mental yang kuat untuk menghadapi persolan-persolan dalam rumah tangga mendatang”Jelas Taufiq.

“Usahakan menikah itu sekali dalam seumur hidup. Pernikahan adalah ibadah yang mulia dan suci. Menikah tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Ikatan perkawinan harus dijaga dengan baik  karena ini merupakan bentuk ibadah terpanjang, syukur-syukur dapat menjaganya hingga terpisahkan oleh maut” himbau Tengah Taufiq Nur Hidayah.

Bimbingan pranikah yang diikuti oleh 5 calon pasangan mempelai itu berlangsung sejak jam 09.30 WIB sampai 11.30 WIB di KUA Kecamatan Magelang Tengah. Harapannya,  bimbingan pranikah yang selalu diberikan kepada calon mempelai benar-benar berkontribusi dalam mewujudkan keluarga sakinah mawaddah warohmah, Jum’at (07/05). (HS)