Menag Yaqut Canangkan Revitalisasi KUA Tahun 2021

Banjarnegara (Umas)-Pencanangan Revitalisasi KUA dibuka secara resmi oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas Sabtu Malam (29/05) di KUA Kec Banjarnegara Kab Banjarnegara.

Kementerian Agama di bawah kepemimpinan Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) menargetkan 100 KUA direvitalisasi pada tahun 2021 yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia, dan 1000 KUA pada tahun 2022.

“Program revitalisasi KUA ini akan dilakukan secara bertahap. Tahun 2021 akan direvitalisasi 100 KUA, tahun 2022 direvitalisasi  1.000 KUA  dan akan terus berlanjut sempai sampai tahun 2024 ,” kata Gus Yaqut.

Gus Yaqut  juga mengatakan , revitalisasi KUA ini sangat penting  dilakukan karena KUA layanan garda terdepan Kementerian Agama dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

 “Dengan revitalisasi KU A ini diharapkan KUA bisa hadir di tengah masyarakat dengan bisa melayani masyarakat secara prima,” ungkapnya.

Gus Yaqut juga menjelaskan, revitalisasi KUA ini merupakan bagian dari pelaksanaan amanat Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan pelayanan publik yang nyata, sehingga kehadiran negara dirasakan oleh masyarakat secara langsung.

“Tugas dan fungsi KUA berdasarkan dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 34 Tahun 2016 disebutkan ada 9 tugas dan fungsi dari KUA, dan bila kita baca lebih jernih 6 dari 9 tugas dan fungsi KUA adalah pelayanan,” terangnya.

Adapun KUA yang diresmikan sebagai model dalam pencanangan revitalisasi KUA ini ada enam KUA. KUA Kec Banjarnegara Kab Banjarnegara, KUA Kecamatan Ciawi Gebang, Kab. Kuningan (Jawa Barat), KUA Kecamatan Sewon, Kab. Bantul, (DI Yogyakarta), KUA Kecamatan Sidoarjo, Kab. Sidoarjo (Jawa Timur), KUA Kecamatan Gunung Sugih, Kab. Lampung Tengah (Lampung), dan KUA Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, (Sulawesi Selatan).

Pencanangan Revitalisasi KUA itu disiarkan secara virtual yang diikuti oleh seluruh Kakanwil Kemenag se Indonesia, seluruh kepala KUA se Indonesia, petugas penyuluh serta live streaming melalui medsos kementerian agama RI, baik Youtobe, instagram, facebook dan twitter.

Pencanangan di KUA Banjarnegara dihadiri oleh Sekjen Kementerian Agama RI, Dirjen Bimas Islam Kemenag RI, Kepala Kanwil Kemenag Prov  Jateng didampingi Kabag TU beserta para Kabid, Bupati Banjarnegara, Kepala Kantor Kemenag Banjarnegara dan jajaran forkopimda dan sejumlah tamu undangan.(rf)