Mendapat Kepercayaan Masyarakat, Tantangan Madrasah Semakin Berat

Cilacap – Seiring dengan terus meningkatnya kualitas madrasah, maka kepercayaan masyarakat terhadap madrasah juga samakin tinggi. Tugas mendapatkan hati masyarakat tidaklah mudah. Madrasah selama puluhan tahun terus berbenah dan mengembangkan seluruh potensi yang ada. Hasilnya sekarang semakin jelas terlihat melalui berbagai even perlombaan maupun kejuaraan.

Dengan mendapatkan kepercayaan, ditambah dengan perubahan regulasi yang disamakan dengan sekolah, maka tugas madrasah ke depan akan lebih berat. Yakni bagaimana cara mengemban amanah masyarakat agar terus terlaksana dengan baik yang disesuaikan perubahan regulasi. Kuncinya adalah pada sistem pelayanan pendidikan yang berkualitas. Selain kepribadian siswa sebagai modal pokok, madrasah juga harus terus meningkatkan kompetensinya di bidang sains dan teknologi.

Karenanya, Kompetisi Sains Madrasah (KSM) menjadi sangat penting untuk menjaga amanah publik. KSM merupakan sarana madrasah dalam menciptakan generasi melek ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk itu, harus terus diprogramkan dengan baik agar menghasilkan kader-kader penerus bangsa yang terbaik.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, Jamun, Selasa (25/4) pada pembukaan KSM madrasah aliyah tingkat Kabupaten Cilacap di MAN Majenang. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 116 siswa dari seluruh penjuru Kabupaten Cilacap.

Dikatakan lebih lanjut bahwa program panca prestasi madrasah terbukti efektif dalam mendongkrak nama madrasah di mata publik. Yakni, prestasi akhlakul karimah yang ditopang dengan prestasi akademik, bahasa, ilmu pegetahuan dan terknologi serta olahraga dan seni. Kelimanya sebagai satu kesatuan utuh dan tak dapat dipisahkan satu sama lain guna mencetak generasi yang berdaya saing global.(On/bd)