Mendidik Siswa Berjiwa Sosial tinggi

Rembang – Sebagai makhluk ciptaan Allah, ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk beribadah kepada Nya. Salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan kemanusiaan. Pada beberapa waktu lalu, peserta didik MTsN 4 Rembang menggalang dana untuk korban bencana Gempa Bumi di Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan ini dilakukan dengan melibatkan siswa, OSIM MTs N 4 Rembang secara langsung dengan tujuan pada tiga titik, yang pertama adalah titik ruang lingkup sekolah, yang kedua adalah siswa didampingi guru terjun langsung ke pasar krikilan Sumber Rembang, sedangkan titik ketiga adalah Pasar Kedung Asem dan sekitarnya.

Kepala MTsN 4 Sumber, Masrum mengatakan, tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan empati, kepekaan siswa terhadap sesama, memberikan pendidikan karakter kepada siswa.

“Sehingga pembelajaran tidak hanya teoritis semata. Penggalangan dana ini juga untuk melatih siswa OSIM agar bisa bekerja secara team work,” kata Masrum.

Ratna Ika Putri Rahmawati, siswa kelas IX MTs N 4 Rembang menyatakan bangga bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini. Bersama teman-temannya, Ratna berkeliling sekolah dan lingkungan sekitar, door to door menemui masyarakat agar ikut andil membantu warga di NTB.

“Alhamdulillah masyarakat sekitar antusias terhadap program kami. Mereka memberikan bantuan saat kita terjun di kampung dan pasar,” kata Ratna.

Dari penggalangan dana ini, terkumpul sekitar Rp 3 juta. Penyaluran doasi ini diadakan bekerjasama dengan Radio Annida lasem dan disalurkan secara langsung oleh perwalikan guru. Adapun bantuan lainnya yang diberikan yaitu berupa sembako, pakaian, selimut, kebutuhan balita dan lain-lain. — dwi-iq/bd