Mengasah Kemampuan Berbahasa Inggris Melalui English Performance

Surakarta – Dalam rangka mengasah dan mengeksplorasi kemampuan anak dalam hal penguasaan bahasa inggris, MTsN 2 Surakarta memfasilitasinya dengan menggelar kegiatan English Performance. Kegiatan ini berbentuk pentas seni yang menampilkan kreatifitas peserta didik.  Setiap peserta didik yang tampil di atas panggung, baik puisi, drama, menyanyi, wajib menggunakan bahasa inggris.

Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin di MTsN 2 Surakarta. Setiap tahunnya selalu diadakan dengan mengusung tema yang berbeda. Pada tahun ini kegiatan English Performance MTsN 2 Surakarta mengambil tema Show Your Talent, Be Smart and Confident.

Menurut Kepala MTsN 2 Surakarta, Bukori, mengatakan bahwa kegiatan English Performance ini bisa menjadi tolak ukur kemampuan anak dalam menguasai penggunaan bahasa inggris. Selain itu kegiatan ini juga mampu memotivasi anak supaya lebih rajin belajar bahasa inggris.

“Dengan kegiatan ini diharapkan peserta didik semakin menguasai penggunaan bahasa inggris. Anak-anak harus meningkatkan kemampuan mengucapkan dialog-dialog dalam bahasa inggris dengan ucapan dan intonasi yang tepat,“ kata Bukori.

English Performance digelar pada Sabtu, (29/9) di halaman MTsN 2 Surakarta. Kegiatan ini diadakan bersamaan dengan pembagian Laporan Penilaian Tengah Semester (Raport) kepada orang tua peserta didik. Kegiatan ini sengaja dibarengkan agar orang tua peserta didik dapat melihat secara langsung penampilan dan mengetahui kemampuan berbahasa inggris putra-putrinya.

Kegiatan tersebut mampu menarik antusias hampi semua peserta didik. Kemampuan pembawa acara, Angelina Celine Sancho Victory (7A1) dan Ardhan Fathsyah Prayudi (7A2) dalam membawakan acara tersebut membuat acara semakin meriah. Secara bergantian masing-masing kelas menunjukkan bakat dan kreatifitasnya di atas panggung. Ada yang menampilkan drama, puisi, menyanyi, dance, dan musikalisasi puisi.

Ali Badaruddin selaku wakil kepala madrasah sekaligus ketua penyelenggara mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh peserta didik sehingga acara berjalan lancar dan sukses, Ia berpesan dan berupaya agar kegiatan ini rutin dilaksanakan.

“Terima kasih anak-anakku semua, berkat kalian kegiatan English Performance ini sukses digelar. Insya Allah, kegiatan ini akan kita laksanakan setiap tahun sekali”, pungkas Ali. (sdq_rma/bd)