Mengawali Tahun, Kemenag Karanganyar Lakukan Upgrading, Yel-yel Hingga Komitmen Berbahasa Asing

Karanganyar – Mengawali tahun baru 2015 Masehi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, Musta’in Ahmad mengumpulkan seluruh stafnya di halaman belakang kantor, 2/1/2014. Menggunakan waktu Jum’at pagi yang biasa digunakan pegawai untuk berolahraga, beliau meng-upgrade semangat staf beserta kasinya dengan bermain, membuat yel-yel hingga berteriak-teriak.

Mengutip perkataan seorang ustad yang pada malam tahun baru menyampaikan ceramah di Masjid Agung Kabupaten Karanganyar, beliau berharap agar seluruh pegawai mengevaluasi diri untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

“Untuk mengukur perubahan yang terjadi pada diri kita tidaklah sulit. Apakah yang tadinya bungkuk setelah latihan jadi tegap? Apakah yang badannya kurus setelah latihan menjadi berotot? Apakah setelah menjadi pegawai sudah pandai melakukan sesuatu? Mari kita mengevaluasi perubahan yang ada pada diri kita dari tahun ke tahun”, ujarnya.

Sambil bermain dan berteriak bersama, Musta’in memberikan motivasi kepada pegawai kantor untuk lebih bersemangat menyambut tahun baru.

“Tahun 2015 adalah tahunnya kerja. Seperti yang telah menjadi slogan Presiden RI Ke-7, Joko Widodo, kerja kerja kerja. Maka sudah sepantasnya kita meningkatkan kinerja kita agar lebih baik dari tahun sebelumnya”, ungkapnya.

Selain itu, ada yel-yel yang disepakati bersama oleh pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar untuk menjaga semangatnya. Ketika ditanya, Siapa kita? dijawab Kementerian Agama, Semangat kita? Kerja kerja kerja, Kantor kita? Bersih Rapi Indah, Kinerja kita? Membanggakan.

Diakhir acara, Kepala yang sudah bertugas dua tahun berjalan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar ini menghimbau agar menyempatkan satu hari saja untuk menggunakan bahasa asing ketika berinteraksi sesama pegawai.

“Setiap hari Rabu mulai pekan depan, seluruh pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar harus menggunakan bahasa asing saat berinteraksi sesama pegawai. Boleh menggunakan bahasa Arab, Inggris, atau lainnya. Penggunaan bahasa asing ini sangat diperlukan oleh kita di era globalisasi kedepannya”, ucapnya penuh semangat. (Hadi)