Mengkader Pemimpin Masa Depan Melalui LDK

Surakarta – Dengan tema ” The Power of Generation ” MAN 2 Surakarta gelar Latihan Dasar Kepimpinan (LDK) di Bumi Perkemahan Sekipan,  Tawangmangu pada rabu (5/9) kemarin.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin setiap tahun dalam rangka regulasi kepemimpinan pengurus organisasi sekolah (OSIS) masa bhakti 2018/2019.

Latihan dasar kepemimpinan yang digelar dua hari ini merupakan puncak dari serangkaian kegiatan OSIS yakni laporan pertanggungjawaban (LPJ) kegiatan dari seluruh seksi bidang kepada madrasah di aula sekolah. Kemudian dilanjutkan dengan pemilu raya yang melibatkan seluruh steak holder MAN 2 Surakarta. Lalu pelantikan pengurus OSIS masa bakti 2018/2019 pada 3 September lalu.

Menurut Ngatiman, selaku koordinator kegiatan sekaligus pembina OSIS MAN 2 Surakarta bahwa kegiatan ini sangat penting untuk membangun karakter siswa dalam pengelolaan organisasi OSIS MAN 2 Surakarta.

“harapannya bagi organisasi OSIS MAN 2 Surakarta agar lebih kreatif, inovatif dan mampu membuat program yang menjadikan oganisasi sekolah lebih maju”, kata Ngatiman.

Acara dibagi menjadi dua sesi, dimana sesi pertama peserta dibekali teori tentang keorganisasian yang meliputi materi kepemimpinan, administrasi dan cara berkomunikasi yang baik sebagai seorang organisator. Kemudian dilanjut di hari kedua,  yakni sesi praktek lapangan. Mengundang tim out bond dari IAIN Surakarta,  para peserta diajak bermain dengan menyertakan nilai-nilai edukasi di dalam permainan. Seperti,  cara membangun sebuah tim yang baik dan solid, menemukan solusi dalam setiap masalah yang muncul juga menanamkan karakter rela berkorban tanpa pamrih dalam berorganisasi.

Nuri Hartono, selaku kepala sekolah MAN 2 surakarta menyatakan bahwa kegiatan LDK ini mempunyai nilai positif dalam membuat program kerja OSIS MAN 2 Surakarta yang lebih baik.

 “Pihak Madrasah dalam hal ini kepala, guru dan semua pegawai memberikan support penuh bagi organisasi siswa yang mempunyai manajemen pengelolaan yang baik ” , papar Nuri. (rma/bd)