Menikah Bukan Untuk Coba-Coba

Batang – Rencana lima tahun setelah nikah ini saya ingin mempunyai anak setelah itu membeli mobil karena rumah dan usaha telah ada, dimikian ungkapan salah satu pasangan calon penganti (catin) pada sesi dialog saat mengikuti kegiatan bimbingan perkawinan pranikah bagi calon pengantin angkatan III di KUA kecamatan Batang yang bertempat di balai nikah dan manasik haji KUA Kecamatan Batang pada Senin, (13/08).

Kasi Bimas Islam Darwanto selaku pemateri pertama menyampaikan materi tentang perencanaan pasangan calon pengantin (catin) serta menyinggung tentang tujuan nikah,

“Bimbingan ini selain sebagai sarana silaturahmi antar calon pengantin (catin), diharapkan agar catin mengetahui ilmu tentang pernikahan sehingga akan menjadi  keluarga sakinah mawaddah warahmah”, katanya.

 Plt Kepala Kantor Kemenag Kab Batang Subkhi dalam materinya menyampaikan tentang kebijakan Kementarian Agama tentang Bimbingan Perkawinan, dia mengatakan bahwa Bimbingan perkawinan ini bertujuan untuk terciptanya keluarga sakinah mawadah wa rahmah.

“Menikah bukan coba-coba, namun benar-benar di persiapkan sedemikian rupa agar tujuan yang handak dicapai itu tercapai, tujuannya adalah menciptakan keluarga yang bahagia sakinah mawaddah wa rahmah”, katanya.

Selain itu, subki menyoroti bahwa keluarga adalah unit terkecil dari negara Indonesia, keluarga baik akan dapat membentuk negara menjadi baik dan kuat, sehingga keluarga adalah kekuatan yang paling penting.

“Keluarga adalah unit terkecil dari organisasi negara, keluarga yang baik akan menjadikan RT yang baik, RT yang baik akan melahirkan desa yang baik hingga sampai negara menjadi baik dan kuat”, lanjutnya.

Bimbingan kali ini diikuti oleh 32 pasang calon pengantin (catin) yang telah mendaftar di KUA Kecamatan Batang. (Zy/rf)