Menimba Ilmu Dalam Menghadapi TPN Pembangunan ZI

Kab. Pekalongan – Kankemenag kabupaten Pekalongan terus mempersiapkan diri menghadapi Tim Penilai Nasional (TPN) pembangunan zona integritas untuk meraih predikat WBK. Salah satu upayanya dengan menimba ilmu kepada Bapak Dian Hafit saefullah Litbang Kemenag RI. Senin (6/9).

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring (zoom meeting) itu diikuti oleh Tim Pembangunan ZI Kankemenag kabupaten Pekalongan dan segenap Kepala KUA Kecamatan se-kabupaten Pekalongan.

Dian Hafit memberikan penjelasan tentang beberapa catatan hasil evaluasi pembangunan ZI di tahun sebelumnya. Termasuk juga memberikan rekomendasi kepada unit kerja yang belum berhasil meraih predikat tersebut tahun lalu. “Hal yang paling mendasar yang mengakibatkan kegagalan adalah belum terlihatnya pemahaman yang utuh terhadap substansi perubahan,” ujarnya.

Selain itu, Dian Hafit menjelaskan mekanisme penilaian zona integritas. Baik penilaian faktor pengungkit maupun faktor hasil. Dia menjelaskan hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk evaluasi ZI 2021. Menurutnya, September – Oktober akan menjadi waktu yang cukup menentukan. “Karena dua bulan itu TPN akan melakukan survei eksternal dan mysterious shopper maupun evaluasi lapangan/ teleconference,” ujarnya.

Disampaikan oleh Moderator Kasubbag TU, H, Muqodam yang juga selaku Ketua Tim Pembagunan ZI bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya pencapaian Predikat WBK dalam Pembangunan Zona Integritas (ZI), maka Tim ZI Kakankemenag Kabupaten Pekalongan memandang perlu untuk mendapatkan pencerahan bagaimana langkah yang akan diambil, mengingat tentu hal ini sebuah PR besar ke depannya.

“Walau melalui Zoom Meeting pada Senin malam, 6 September 2021, sekitar pukul 19.45 bersama sama dapat menghadirkan, mendengarkan, serta diskusi bersama narasumber dari Litbang Kemenag Bapak Dian Hafit Syaifullah tentang Hal-hal urgent yang harus diperhatikan  dan di kedepankan dalam Pembangunan Zona Integritas tersebut, terutama terkait Coaching Survei TPN.

Kakankemenag kabupaten Pekalongan, H. Kasiman Mahmud Desky beserta Tim Pembangun ZI juga segenap Kepala KUA kecamatan se-kabupaten Pekalongan, menyampaikan terimakasih atas motivasi serta kiat-kiat jitu yang diberikan oleh narasumber Bapak Dian Hafit Saifullah dari Litbang Kemenag RI.

“Kami berharap apa yang beliau sampaikan akan dapat mendukung keberhasilan dalam upaya meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di tahun 2021 ini, dan tentunya membutuhkan dukungan, komitmen, semangat, kerja keras dari semua ASN Kankemenag kabupaten Pekalongan  tanpa terkecuali. Semoga !” harapan Kakankemenag. (Ant/bd).