Meningkat, Hewan Qurban Karanganyar Capai 13.358 Ekor

Karanganyar – Jumlah hewan yang dijadikan qurban pada hari raya Idul Adha 1435H di Bumi Intanpari sedikitnya meningkat bila dibandingkan tahun lalu. Selepas shalat I’ed yang dipimpin oleh Bupati dan Wakilnya di alun-alun, 5/10/2014, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, H. Mustain Ahmad SH. MH. yang diwawancarai wartawan mengatakan bahwa jumlah hewan qurban pada tahun ini mengalami peningkatan.

“Berdasarkan data yang diperoleh seksi Bimas Islam dari takmir masjid, jumlah sapi yang dijadikan hewan qurban pada tahun ini mencapai 4042 ekor dan kambing sebanyak 9316 ekor. Ada peningkatan hewan qurban meski tidak signifikan. Artinya, kesejahteraan dan kesadaran masyarakat untuk berqurban turut meningkat,” kata Musta’in.

Beliau juga mengatakan bahwa meskipun sebagian umat shalat Idul Adha pada hari Sabtu, 4/10/2014, mayoritas warga menggelar penyembelihannya pada hari Ahad, 5/10/2014.

“Hewan qurban Masjid Agung tahun ini ada enam ekor sapi dan empat ekor kambing. Pembagian daging melalu metode kupon. Sebagian untuk warga sekitar, sedangkan sisanya untuk daerah yang memiliki hewan qurban sedikit,” lanjut beliau.

Selanjutnya, prosesi pemotongan hewan qurban yang dilaksanakan di halaman utara Masjid Agung Kabupaten Karanganyar dimulai dengan sapi milik Bupati dan Wakilnya, Drs. H. Yuliatmono MM. dan H. Rohadi Widodo, SP. Tanpa canggung dan ragu, masing-masing dari mereka menyembelih sapi miliknya sendiri, kemudian diikuti dengan hewan qurban sapi dari Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar. (Hadi)