Meningkatkan Karakteristik Kualitas Dasar Keluarga Sakinah yang Berwatak Moderat

Karanganyar – Kantor Kementerian Agama Kab, Karanganyar melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas) menggelar Bimbingan Perkawinan (Bimwin) Calon Pengantin Angkatan II, bertempat di Aula Bimbingan Manasik Haji KUA Kec.Jatipuro, Selasa, (26/10/2021).

Kepala KUA Kec. Jatipuro Rosyit Alfatani dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta yang diundang berjumlah 16 orang yang semuanya adalah calon pengantin di lingkungan Kecamatan Jatipuro.

“Menurut data yang dipublish, Jatipuro adalah salah satu Kecamatan dengan angka perceraian yang tinggi. Maka dari itu mari bagi calon pengantin untuk meredam ego, satukan visi sesuai agama Islam. Visi yang bisa membawa keluarga ke surga,” kata Rosyit.

“Perkawinan bukan ajang untuk main-main. Kita harus siap dengan segala kenyataan terjadi setelah perkawinan. Calon pengantin juga harus mengetahui kewajiban masing-masing dari segala perspektif. Dan sebagai pemimpin rumah tangga, suami diharuskan mengajarkan istri perintah agama. Berikan kasih sayang pada istri, tunjukkan kelembutannya,” lanjutnya.  

Rosyit juga mengatakan melalui Pusaka Sakinah, Kemenag juga ingin meningkatkan karakteristik kualitas dasar keluarga sakinah yang berwatak moderat di masyarakat.

“Termasuk juga, tumbuhnya kapasitas dan keterampilan insan KUA untuk melakukan pendidikan masyarakat dan untuk menjalankan peran leading sector dalam membangun jejaring kerja pembinaan keluarga sakinah di tingkat kecamatan,” tuturnya.

Terkait dampak pandemi terhadap kehidupan keluarga, Rosyit berpesan, bahwa kesulitan ekonomi adalah cobaan bagi banyak orang. Cobaan itu seyogyanya dihadapi secara bersama, suami dan istri.

 “Karenanya, perceraian semaksimal mungkin dihindari. Perceraian memang dibenarkan agama, namun sangat dibenci Tuhan,” pesannya.

Dalam kegiatan bimbingan perkawinan materi yang di sampaikan beragam, mulai dari materi di hari pertama tentang mempersiapkan keluarga Sakinah oleh Sri Handayani,S.Pd.M.Pd, Mempersiapkan Generasi Yang berkualitas oleh Penyuluh KB Kec.Jatipuro, dan mengelola psikologi dan dinamika keluarga oleh Saida Lutfia, S.Psi. M.Si.

Para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan di hari ke dua. Karena ada dua materi yang disampaikan. Pertama materi tentang Menjaga Kesehatan Reproduksi oleh Narasumber Sumino, S.KM., M.Kes dari Puskesmas Jatipuro dan materi keduanya tentang Memenuhi Kebutuhan dan mengelola Keuangan Keluarga yang disampaikan oleh Kasi Bimas Islam Kab.Karanganyar Drs.H.Museri,MM. Kegiatan ini diharapkan agar para peserta dapat menambah wawasan dan bekal dalam membina rumah tangga yang sakinah mawaddah warohmah dan mengamalkan tentang empat pilar keluarga Sakinah. (ida/sua)